INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Pidato Sambutan Upacara Hardiknas 2019 Menristekdikti

Pidato Sambutan Upacara Hardiknas 2019 Menristekdikti. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan file Sambutan MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI (Menristekdikti) pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 yang jatuh pada hari Rabu, tanggal 2 Mei 2019. Pada dikala pelaksanaan upacara bendera Hardiknas, terdapat susunan program yang membacakan amanat Menteri untuk Hardiknas tahun 2019 ini. Maka dari itu, file ini sangatlah penting dan berkhasiat bagi para instansi, sekolah/madrasah ataupun perguruan tinggi yang melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional tahun 2019 ini. Untuk menseragamkan pelaksanaan upacara bendera, Kemendikbud juga telah menunjukkan file Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hardiknas yang telah kami bagikan pada artikel sebelumnya. 

Download Naskah Sambutan Menristekdikti pada Upacara Hardiknas Tahun 2019. Pada artikel ini, nantinya akan kami sajikan cuuplikan isi sambutan Menristekdikti dan juga link download yang sanggup dipakai untuk mengunduh file yang berbentuk pdf, file tersebut nantinya bisa dicetak dan sanggup dipergunakan pada dikala pelaksanaan upacara bendera pada tanggal 2 mei 2019 dalam rangka memperingati Hardiknas Tahun 2019. Selain itu, kami juga menyediakan link download untuk doa upacara bendera hardiknas tahun 2019 ini. Jadi, antara sambutan dan doa ialah salah satu hal sangat dibutuhkan pada upacara bendera pelaksanaan Hardiknas tahun 2019 ini. 


Berikut ini merupakan cuplikan isi dari Sambutan Menristekdikti pada Puncak Peringatan Hardiknas tahun 2019;
SAMBUTAN
PADA PUNCAK PERINGATAN
HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2019
KAMIS, 2 MEI 2019

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
selamat pagi  dan salam sejahtera bagi kita semua.
Hadirin Peserta  Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Yang Berbahagia,
Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, alasannya berkat rahmat dan karunia-Nya pada hari ini kita  memperoleh kesehatan dan  dapat  menghadiri puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 pada hari, Kamis 2 Mei 2019, dalam suasana yang khidmat dan penuh rasa cinta pada Tanah Air, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan. Sangat tegas konstitusi kita menyatakan bahwa salah satu tujuan pemerintah negara Indonesia yang dihantar oleh usaha pergerakan kemerdekaan Indonesia ialah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pembangunan pendidikan berkualitas juga merupakan salah satu sasaran pembangunan berkelanjutan atau  Sustainable Development Goals  (SDGs) untuk mendorong kesejahteraan semua kalangan. Salah satu langkah yang dilakukan diantaranya ialah membangun SDM berkualitas penduduk berusia muda dan remaja untuk mempunyai pengetahuan dan skill  yang relevan, termasuk  technical and vocational skills , biar bisa menerima pekerjaan layak dan mempunyai jiwa kewirausahaan. Maka terperinci memajukan pendidikan tinggi sama dengan kita berperan dalam implementasi SDGs untuk tujuan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengangkat tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini yaitu mewujudkan “SDM  Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter”.
Tema ini relevan untuk menghadapi kondisi  dunia yang menjelma semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Revolusi perangkat lunak telah mentranformasikan kegiatan ekonomi, dengan sebagian pekerjaan yang ada akan digantikan oleh otomatisasi.

Pergeseran ini pasti menuntut sistem pendidikan untuk turut berevolusi menyesuaikan diri.  Upacara ini mesti menjadi momentum refleksi dan mengukur langkah ke depan, bagaimana pendidikan tinggi kita  mampu menjawab tantangan dan merealisasikan peluang tersebut.
Perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia terus mengalami perkembangan. Jumlah instansi pendidikan tinggi di Indonesia dikala ini berjumlah 4.741. Namun, dengan penyelenggara sebanyak itu, angka partisipasi bergairah pendidikan tinggi kita pada tahun 2018 masih 34,58%. Artinya, masih ada sekitar 65% bawah umur usia kuliah tidak bisa mengenyam pendidikan tinggi. Kita harus melaksanakan terobosan dan penemuan untuk sanggup meningkatkan jumlah mahasiswa di  seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

Dalam revolusi pendidikan tinggi, sekarang kita bisa temui aneka macam jenis  online education, MOOCs (massive open online courses), sampai  cyberuniversity; yang telah dikembangkan oleh universitas-universitas ternama di dunia termasuk telah pula dilakukan oleh beberapa kampus di Indonesia, yang menyediakan aneka macam mata kuliah gres menyerupai  big data,  data analytics, entrepreneurship  dan lain-lain,  untuk tujuan membekali lulusan perguruan tinggi dengan pengetahuan dan kemampuan bekerja untuk menghadapi tantangan dunia kerja masa depan.

Dengan menyadari  semakin  tingginya harapan pemerintah dan masyarakat  Indonesia  kepada perguruan tinggi dalam menunjukkan pendidikan kepada generasi penerus bangsa biar  kompetitif, kreatif,  dan inovatif  di kurun disrupsi dikala ini, maka perguruan tinggi Indonesia  dituntut  untuk ikut berevolusi dan  didorong kesanggupannya untuk melaksanakan upaya transformasi digital dalam penyelenggaraan kegiatan tridharma dan pengelolaan perguruan tinggi. Perguruan tinggi juga dibutuhkan berkontribusi dalam mensolusikan persoalan sosial ekonomi bangsa ini.

Untuk meningkatkan daya saing pendidikan tinggi, perguruan tinggi di Indonesia didorong untuk meningkatkan pengakuan institusi menjadi terakreditasi unggul (A), antara lain dengan meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan publikasi, kerjasama pengembangan penelitian di tingkat nasional dan internasional dan memperbanyak prestasi mahasiswa sampai tingkat internasional. Upaya itu dalam rangka memacu perguruan tinggi untuk masuk dalam jajaran universitas terbaik dunia. Program studi harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan didorong untuk terakreditasi unggul (A) dan selanjutnya didorong meraih pengakuan internasional. Penerapan budaya mutu harus dilakukan secara berkelanjutan sejalan dengan kebutuhan peningkatan kompetensi SDM yang adaptif dengan perkembangan jaman.

Daya saing para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa terus  dikembangkan melalui peningkatan literasi pada data, literasi pada teknologi dan literasi pada insan atau  human.
Urusan kemanusian menjadi sangat penting dalam menghadapi kompleksitas kurun revolusi industri 4.0 dan society  5.0. Kemajuan teknologi menunjukan majunya pendidikan dan ilmu pengetahuan yang tetap harus memartabatkan insan dan mensejahterakan insan dan bangsa Indonesia.
Peningkatan  interaksi dan kohesi sosial  harus terjalin lebih baik antar mahasiswa juga dosen dari seluruh disiplin ilmu yang berbeda  sehingga bisa meningkatkan keaktifan intelektual yang memicu aneka macam wangsit  kreatif, inovatif, kolaboratif dan berjati diri.  Diharapkan semakin banyak hasil penemuan yang dilakukan dunia kampus yang diterima oleh industri.

Ada hal penting lainnya,  kualitas insan sebagai insan akademis berkaitan dengan pembangunan karakter, harus menjadi aktivitas prioritas bersama.
Karakter insan yang dibangun bercirikan dengan kemampuan menegakan kebenaran, kejujuran, keadilan, kebajikan, tanggung jawab dan cinta  tanah air. Mewujudkan aksara SDM yang berpengaruh disertai dengan mental anti-koruptif menjadi aktivitas sangat strategis untuk mewujudkan SDM berkualitas yang disertai oleh etos kerja cerdas, yang dibangun semenjak mahasiswa dan dicontohkan oleh dosen dan pengelola perguruan tinggi.

Peserta upacara yang berbahagia,
Merespon kemajuan pendidikan serta ilmu pengetahuan dan teknologi, mari kita manfaatkan dengan bijaksana dan menjadi ruang lahirnya manusia-manusia bermartartabat, inovatif dan berkarakter. Kita sebagai  insan pendidikan tinggi harus memahami dan menyebarkan teknologi dan terus membuat penemuan disertai kemampuan berguru sepanjang hayat (long-life learning). Melalui kemampuan ini, kualitas insan akan terus terjaga dalam kurun disrupsi ini.
Mari kita  sama-sama wujudkan impian luhur bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur melalui pendidikan tinggi yang berkualitas yang berorientasi pada pencetakan SDM yang kompetitif, inovatif, dan berkarakter.

Strategi untuk meningkatkan  mutu pendidikan tinggi yaitu dengan mensinergikan dharma pendidikan-penelitian-pengabdian pada masyarakat yang didukung oleh efektivitas  pentahelix  antara universitas, pemerintah,  dan swasta/industri,  serta masyarakat dan media terutama  dalam pengembangan  mutu mahasiswa dan lulusan, mutu SDM dosen dan tenaga kependidikan,  networking, publikasi, hilirisasi hasil-hasil produk riset  dan  inovasi, didukung oleh pengelolaan universitas yang semakin baik, transparan dan akuntabel.

Akhirnya, saya mengucapkan  selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional dan terimakasih kepada pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, serta komunitas pendidikan tinggi di seluruh tanah air yang terus menerus berihtiar bahu-membahu untuk memajukan pendidikan tinggi yang relevan, berkualitas dan terjangkau. Semoga segala upaya kita dalam memajukan pendidikan tinggi Indonesia, menerima ridho Allah SWT, Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Wabillahit taufiq walhidayah,Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

Jakarta, 2 Mei 2019
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir

Link Download: 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel