Soal Lks Smk Desain Grafis 2018 (Graphic Design Technology)
Soal Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah kejuruan Graphic Design (Desain Grafis) 2018. Pada kesempatan ini, kami juga akan membagikan Soal Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2018 Bidang Lomba Graphic Design Technology (Desain Grafis). Biasanya lomba Desain grafis ini diikuti oleh anak Sekolah Menengah kejuruan yang berada di jurusan Multimedia. namun juga tidak menutup kemungkinan ada jurusan desain grafis di SMK. Kreativitas dan imaginasi dituntut lebih pada bidang lomba ini, alasannya yaitu akseptor bimbing diminta untuk membuat desain sebuah kemasan atau dan yang lain sebagainya namun juga harus kreatif dan inovatif dan belum pernah ada desain sebelumnya. untuk Tahun kemudian para akseptor tingkat nasional disajikan dengan sebuah kemasan/botol dan mereka diminta untuk mendesain sebuah kemasan air mineral tersebut. Lantas untuk yang tahun 2018 ini akan menyerupai apakah soal Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah kejuruan bidang Desain Grafis ini. Simak terus informasinya di bawah ini.
Contoh Modul 4: Lomba Kompetensi Siswa Tahun lalu |
Graphic Design Technology terdiri dari banyak sekali keterampilan dan disiplin yang berbeda dalam produksi dan hasil desain grafis. Keragaman keterampilan yang dibutuhkan dalam industri Graphic Design Technology sangat luas mengakibatkan orang-orang yang terlibat dalam industri ini menjadi seorang andal dalam aspek tertentu. Pada kesannya sebuah tim dalam proses proyek Graphic Design Technology sanggup terdiri dari anggota yang mempunyai kekuatan sendiri, spesialisasi dan peranan.
Design Graphic Technologymelibatkan klien eksternal dan internal dalam pekerjaanya untuk membuat solusi untuk kebutuhan mereka dan tidak jarang sanggup meliputi pencetakan atau produksi publikasi online. Orang yang bekerja di industri ini sering bekerja sama dengan klien mereka dan harus menjadi komunikator yang besar lengan berkuasa sehingga mereka berhasil mencapai tujuan klien. Mereka membutuhkan interaksi, riset, desain dan Skill. Dalam rangka untuk mempunyai kemampuan ini mereka perlu memahami sasaran audiens, market, demam isu dan perbedaan budaya dan apa yang diinginkan klien. Mereka harus bisa bekerja dalam tim baik formal maupun informal, atau bekerja sendiri.
Setelah menuntaskan tahap penelitian dan perencanaanproyek, kemudian ditafsirkan untuk membentuk desain dalam perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan industri yang spesifik. Desain harus disiapkan dengan spesifikasi teknis yang benar untuk output atau publikasi online. Sangat penting bahwa praktisi memahami semua tahapan mekanisme termasuk hambatan proses pencetakan tertentu. Keterampilan ini juga berlaku untuk mendesain ulang atau memperbarui desain.
Ada banyak sekali kesempatan kerja dalam industri ini. Seperti pekerja lepas, pengusaha, atau bekerja pada sebuah perusahaan periklanan, sebuah perusahaan desain, perusahaan percetakan atau perusahaan dengan departemen desain. Praktisi mungkin mempunyai tugas yang luas, atau mengkhususkan diri sebagai desainer grafis, operator percetakan, typographer, typesetter, type designer, imagemanipulation specialist, illustrator, art director, production manager, digital printer, informationdesigner, publisher or packaging
specialist.
Proyek Uji LKS
Ketentuan UmumTujuan dari Proyek Uji yaitu untuk menunjukkan kesempatan penuh dan seimbang untuk evaluasi dan menandai seluruh Standar Spesifikasi, dalam hubungannya dengan Skema Marking. Hubungan antara Proyek Uji, Menandai Skema dan Standar Spesifikasi akan menjadi indikator kunci dari kualitas.
Proyek Uji tidak akan meliputi area di luar Standar Spesifikasi, atau mensugesti keseimbangan tanda dalam Spesifikasi Standar selain dalam keadaan yang ditunjukkan oleh Bagian 2.
Proyek Ujiakan memungkinkan pengetahuan dan pemahaman yang akan dinilai hanyamelalui aplikasi dalam kerja praktek.
Proyek Ujitidak akan menilai pengetahuan wacana hukum dan peraturan WorldSkills.
Deskripsi Teknis ini akan mencatat setiap duduk perkara yang mensugesti kapasitas Proyek Ujiuntuk mendukung penuh banyak sekali evaluasi relatif terhadap Standar Spesifikasi.
Persyaratan Proyek Uji
Format atau struktur proyek uji Lomba Kompetensi Siswa terdiri dari 4 - 5 modul dalam 3 hari kompetisi. Modul sanggup terdiri dari beberapa spesifikasi dalam list di bawah.
Desain Editorial dan Media gres (sampul majalah atau isi, leaflet, hidangan restoran, booklet, UI design, PDF Interactive, Data Merge, Page Transition),
Ketrampilan memakai perangkat lunak grafis (Adobe Illustrator CS6, Adobe Photoshop CS6, Adobe Indesign CS6, Adobe Acrobat Pro X)
Dicetak pada sheetfed atau web offset press, memakai warna proses dan atau warna spot; bisa termasuk header, sub-header, dan teks, gambar, grafik, atau tabel, elemen halaman master, dll.
Desain Kemasandan Ilustrasi vector kreatif(kotak biasa, kotak rak, label)
Dicetak pada sheet offset atau dalam flexography, memakai warna proses dan atau warna spot; bisa termasuk teks, daftar bahan, nama merek, gambar, barcode, garis potong, garis lipat, dll.
Corporate identity dan desain informasi ( kartu nama, logo, kop surat, penanda arah atau lokasi, simbol, info grafis, tabel, dll )
Dicetak pada sheet offset atau dalam pencetakan silkscreen, memakai warna proses dan atau warna spot; bisa termasuk beberapa baris teks, ilustrasi, pembuatan logo, simbol, vektor, dll.
Advertising dan display design ( poster, banner, billboard, car mapping, full page advert, large format, dll.)
Dicetak pada sheet offset atau pada plotter inkjet, memakai warna proses dan atau warna spot;
Bisa termasuk beberapa baris teks atau slogan, manipulasi gambar atau photomontage,penggunaan resolusi besar, dll
Langsung aja pada soal Lombanya ya..
A. Deskripsi Lomba:
Bidang Kompetensi : Graphic Design Technology
Modul yang di lombakan:
Modul 1: HOME ASSIGNMENT
Modul 2: CORPORATE IDENTITY DESIGN
Modul 3: PACKAGING DESIGN
Modul 4: PROMOTION DESIGN
Modul 5: PUBLICATION DESIGN
Modul 6: NEW MEDIA DESIGN
Waktu: Pelaksanaanlomba3 hari
B.Kisi-kisi dan kriteria Lomba
TEST PROJECT
Melakukand emonstrasi/unjuk ketrampilan terhadap proses kerja yang dibutuhkan pada soal yang terdiri dari modul-modul yang akan dikerjakan sebagai berikut:
MODUL 1 : HOME ASSIGNMENT
Tes yang WAJIB dikerjakan sebelum lomba dimulai dan dikumpulkan paling lambat 1 ahad sebelum lomba dilaksanakan yang dikirimkan ke inaskillgd@gmail.com sesuai ketentuan yang terdapat di MODUL 1: HOME ASSIGNMENT dengan tujuan untuk menunjukkan materi pelatihan, mengukur potensi dan keahlian akseptor semoga evaluasi lebih objektif.
MODUL2: CORPORATE IDENTITY
Corporate Identity/identitas perusahaan yaitu Kombinasi antara warna, desain, kata-kata, dan element visual lainnya yang bertujuan untuk membuat pernyataan visual mengenai dirinya sendiri secara unik, pandangan dan bagaimana ingin dilihat oleh orang lain, serta bagaimana orang lain mengenali dan diingat. Corporate Identity tidak hanya terbatas kepada logo dan stationary perusahaan, tetapi juga meliputi sampai media promosi dan publikasi yang dipandu oleh GSM (Graphic Standard Manual).
Adapun apabila sebuah perusahaan menjadi besar dan mempunyai beberapa produk, jasa atau cabang perusahaan, maka dibutuhkan sebuah Brand architecture yang baik untuk mengelola produk, jasa atau cabang perusahaan tersebut.
MODUL3 : PACKAGING DESIGN
Packaging design atau desain kemasan yaitu desain grafis yang memakai teknologi kemasan yang bertujuan melindungi produk untuk distribusi, disimpanan dan penjualan. Desain kemasan juga bertujuan untuk menginformasikan produk dibalik kemasan yang disampikan dengan visual untuk mengajak orang untuk membeli
MODUL 4 : PROMOTION DESIGN
Promotion Design yaitu desain grafis yang memakai media atau sarana yang untuk mempromosikan, memuat informasi atau klarifikasi wacana produk atau jasa.
MODUL5 : PUBLICATION DESIGN
Publikasi yaitu karya seni dibidang desain grafis yang diperuntukkan mengkomunikasikan informasi bagi publik atau umum menyerupai surat kabar, majalah, katalog.
MODUL6: NEW MEDIA DESIGN
New Media Design yaitu media gres yang sedang berkembang di kurun digital.
Dalam perkembanganya desain grafis dipakai dalam banyak media digital yang menunjukkan pengalaman gres mulai dari UI design, PDF Interactive, Data Merge, Page Transition dll.
Download Juga; Pedoman Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah kejuruan Ke-26 Tahun 2018Untuk Soal lebih detailnya, anda bisa pribadi mendownloadnya pada link download yang telah kami sediakan di bawah ini:
Link Download: