INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Soal Uas/Pas Ips Semester 1 Kelas 8 Smp K13 2018/2019

Soal UAS/PAS IPS Semester 1 Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama K13 2018/2019. Pada artikel kali ini sengaja kami akan membagikan file Soal UAS/PAS Semester 1 (ganjil) IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) kelas VIII (8) SMP/MTs yang memakai kurikulum 2013 yang sanggup dipakai untuk materi berguru atau latihan mengahadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Tahun anutan 2018/2019 yang akan datang. Tentunya butuh persiapan yang matang dalam menghadapi UAS tahun ini. Untuk mata pelajaran IPS yang isinya mengenai ilmu sosial, geografi dan sejarah di sekolah menengah pertama sangatlah sulit untuk dipahami. Berbeda dengan tahun-tahun dahulu, saat materi tersebut dipecah masing-masing, jadi untuk mempelajarinya cukuplah gampang lantaran lebih spesifik. namun, kali ini murid-murid di Sekolah Menengah Pertama haruslah berguru kesemuanya itu digabung dalam satu mata pelajaran IPS.

 Pada artikel kali ini sengaja kami akan membagikan file Soal UAS Soal UAS/PAS IPS Semester 1 Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama K13 2018/2019

Berikut ini merupakan cuplikan materi yang dibahas dalam soal UAS Semester ganjil IPS kelas 8 SMP.

Bab 1 Interaksi Keruangan dalam kehidupan di negara-negara ASEAN 
 
Pada Bab ini, kalian akan mempelajari perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara di ASEAN yang disebabkan kondisi alam dan kegiatan manusia.
Faktor kondisi alam mencakup letak geografis dan letak koordinat, yakni letak suatu wilayah/negara berdasarkan garis lintang dan bujur negara-negara ASEAN, sedangkan faktor kegiatan insan mencakup teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan masyarakat di bidang ekonomi, sosial, dan budaya.
Kondisi alam berbeda di setiap negara sehingga kuat terhadap perubahan dan interaksi antarruang di antara negara-negara ASEAN. Iklim tropis menjadikan lebih banyak didominasi negara di Asia Tenggara sebagai negara agraris, yang tercermin dari matapencaharian dan komoditas penduduknya. Adapun kondisi insan yang berbeda menjadikan suatu negara berbeda pula dalam hal penguasaan serta penggunaan teknologi dan komunikasi. Kegiatan ekonomi, yang mencakup proses produksi, distribusi, dan konsumsi, menimbulkan perubahan ruang dan interaksi antarnegara lantaran ada perpindahan barang baik ekspor maupun impor.
Tuntutan kebutuhan negara yang berbeda satu dengan lainnya memengaruhi perubahan ruang dan interaksi antarnegara ASEAN. Hal ini melahirkan kolaborasi di bidang ekonomi, sosial, hukum, dan budaya. Kerja sama yang dilakukan antarnegara ASEAN kuat pada kehidupan sosial, budaya, ekonomi, dan pendidikan masyarakat ASEAN. Seluruh masyarakat ASEAN harus siap menghadapi perubahan yang tidak pernah berhenti serta interaksi yang sifatnya dinamis.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mempelajari penggalan ini, kalian dibutuhkan mampu:
1. Menjelaskan kondisi geografis dan karakteristik negara-negara anggota ASEAN.
2. Menjelaskan makna kerja sama, bentuk-bentuk kerja sama, dan upaya meningkatkan kolaborasi antarnegara ASEAN.
3. Menganalisis imbas perubahan ruang dan interaksi antarruang terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pendidikan.

Ringkasan
• Letak astronomis negara-negara ASEAN yakni 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT.
• Berdasarkan letak geografis, negara-negara ASEAN berada di antara dua samudra dan dua benua.
• Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan jarak relatif antara dua negara semakin pendek.
• Adanya kebutuhan untuk meningkatkan kebutuhan ekonomi menimbulkan terjadinya interaksi antarnegara terutama dalam hal perdagangan.
• Konversi lahan pertanian menimbulkan perubahan ruang.
• Setiap negara di Asia Tenggara mempunyai karakteristik berbeda.
• Kerja sama antarnegara dilakukan lantaran terdapat kebutuhan berbeda di setiap negara.
• Kerja sama di banyak sekali bidang menimbulkan adanya perubahan ruang dan interaksi atau acara masyarakat ASEAN dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pendidikan.

Bab 2 Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehdiupan Sosial dan Kebangsaan 
 
Kalian perhatikan keragaman masyarakat Indonesia pada gambar di atas!
Keragaman masyarakat yang ada di Indonesia merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia. Keragaman masyarakat Indonesia melahirkan banyak sekali kebudayaan yang mempunyai nilai sangat tinggi. Interaksi masyarakat yang bermacam-macam melahirkan banyak sekali penemuan budaya yang menarik.
Keragaman masyarakat Indonesia bukan hanya dalam hal etnis, tetapi juga faktor-faktor lain menyerupai agama, budaya, kegiatan ekonomi, dan sebagainya. Dalam kehidupan sehari-hari, kalian menemukan masyarakat Indonesia yang mempunyai keragaman profesi atau pekerjaan menyerupai buruh dan majikan, staf dan pimpinan, guru dan kepala sekolah. Interaksi dalam masyarakat antara lain menghasilkan janji yang tertulis maupun tidak tertulis untuk menempatkan seseorang pada posisi yang sesuai peranannya. Pekerjaan sanggup terbentuk oleh adanya janji dalam masyarakat. Setiap aspek kehidupan diisi dengan banyak variasi pekerjaanyang berbeda-beda.
Kalian akan mempelajari bagaimana terjadinya mobilitas sosial masyarakat Indonesia. Mobilitas masyarakat Indonesia yang sangat dinamis merupakan pendorong terjadinya keragaman. Keragaman atau pluralitas merupakan keunggulan bangsa Indonesia. Namun demikian, bangsa Indonesia harus waspada terhadap terjadinya konflik. Karena itu, bangsa Indonesia harus berusaha menuntaskan banyak sekali konflik sehingga persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

Rangkuman
Mobilitas sosial selalu terjadi dalam kelompok masyarakat. Mobilitas sosial sanggup terjadi secara vertikal dan horizontal. Mobilitas sosial vertikal sanggup menimbulkan kekecewaan apabila bentuknya berupa mobilitas vertikal ke bawah. Agar terhindar dari mobilitas vertikal ke bawah, individu atau kelompok hendaknya selalu menjalankan kiprah dan tanggung jawabnya dengan baik.
Bangsa Indonesia mempunyai keragaman sosial budaya dalam bentuk perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, dan agama. Untuk mendukung keragaman sosial budaya sebagai modal pembangunan nasional, harus tercipta interaksi yang konkret dan menjunjung tinggi keberagaman sosial-budaya. Bangsa Indonesia harus senantiasa menjalin interaksi konkret yang mengarah pada kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama, yakni pembangunan masyarakat Indonesia. Perbedaan harus dikelola dengan baik sehingga mendorong tujuan pembangunan nasional. Berbagai forum berperan penting dalam mengelola perbedaan menjadi kekayaan bangsa.
Dalam hidup berbangsa dan bernegara, kita juga tidak sanggup lepas dari konflik.
Karena itulah, hendaknya konflik dikelola dengan baik sehingga tidak menimbulkan dampak yang merugikan.

Contoh Soal:
1. Pak Amir mengajar Sekolah Menengan Atas sebagai guru. Setelah beberapa tahun, dia sekarang menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Kasus ini merupakan contoh
mobilitas sosial . . . .
  a. horizontal
  b. antargenerasi
  c. vertikal naik
  d. vertikal turun
  e. geografis

2. Faktor pendorong bagi kelompok masyarakat tidak bisa untuk melaksanakan mobilitas sosial yakni . . . .
  a. status sosial
  b. keadaan ekonomi
  c. pendidikan rendah
  d. situasi politik
  e. penyebab struktural

3. Di bawah ini pola faktor pendorong mobilitas sosial pada penyebab struktural yakni . . . .
  a. seorang anak yang mempunyai perilaku ulet dan tekun
  b. seorang anak yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tinggi
  c. seorang anak yang migrasi ke tempat lain lantaran ada konflik
  d. seorang anak desa yang mencari pekerjaan di kota
  e. seorang anak yang mempunyai keluarga kerajaan

4. Di bawah ini yang bukan cara untuk meningkatkan integrasi sosial yang baik, yakni . . . .
a. mematuhi norma-norma yang berlaku
b. menyesuaikan gaya hidup hedonis
c. berpegang teguh pada nilai-nilai sosial
d. ikut kegiatan sosial masyarakat
e. menyesuaikan dengan budaya sekitar

5. Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia mempunyai dampak positif, kecuali . . . .
a. potensi dalam bidang pariwisata
b. bangsa menjadi lebih luwes
c. objek kajian budaya internasional
d. kegagalan komunikasi bahasa
e. adanya warisan kearifan lokal yang kaya

Untuk sanggup melihat soal selengkapnya yang disertai dengan Kunci Jawaban, Anda sanggup mengunduh file Soal UAS IPS Kelas 8 Semester 1 K13 tersebut melalui link di bawah:

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel