INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Silabus Ekonomi K13 Sma/Ma Revisi Terbaru X, Xi, Xii 2018/2019

Silabus Ekonomi K13 SMA/MA X, XI, XII Revisi Terbaru 2018/2019. Selamat tiba para guru semua, pada kesempatan ini, kami akan bagikan file Silabus Ekonomi SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019 sesuai dengan buku cetak dari Kemendikbud revisi 2017. Silabus ekonomi ini sudah sesuai dengan mata pelajaran yang update untuk anak SMA/MA jurusan IPS di daerah anda mengajar. Karena pada ketika ini para guru dibutuhkan sudah mengunakan contoh materi yang sesuai dengan silabus kurikulum 2013 terbaru atau buku k13 revisi 2017, sehingga nantinya pada ketika menciptakan soal Ulangan Akhir Semester materi yang diujikan bisa serentak. 

 kami akan bagikan file Silabus Ekonomi Sekolah Menengan Atas Silabus Ekonomi K13 SMA/MA Revisi Terbaru X, XI, XII 2018/2019

Download Silabus Ekonomi K13 Revisi Terbaru SMA/MA 2017/2018. Pada artikel ini kami juga akan bagikan link download yang sanggup dipakai untuk mengunduh file silabus ekonomi k13 revisi terbaru ini. Namun, sebelum mendownload file tersebut, anda juga bisa melihat pribadi penjelasan dan cuplikan isi dari file silabus ekonomi Sekolah Menengan Atas terbaru ini. 

Berikut ini merupakan cuplikan isi dan penjelasan mengenai Silabus yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2016 dan sesuai dengan buku K13 edisi revisi 2017.

SILABUS MATA PELAJARAN EKONOMI
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH 
(SMA/MA)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI

I. PENDAHULUAN
A. Rasional
Tema sentral pengembangan Kurikulum 2013 ialah naskah yang sanggup menghasilkan insan Indonesia yang  produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, maka proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan potensi bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis penerima didik.
Abad 21 dikenal dengan era globalisasi yang ditandai dengan peradaban, budaya, dan batas antarbangsa menjadi semakin menyatu. Manusia sanggup dengan gampang berbaur dengan insan lain di banyak sekali belahan bumi. Proses mobilitas  dan konektivitas orang, barang, dan jasa, serta informasi antarwilayah dan antarnegara semakin tinggi. Mobilitas tersebut sanggup berbentuk distribusi barang dan jasa dalam aktivitas ekonomi global, kemudian lintas pembayaran internasional, aktivitas pariwisata, pertukaran sumber daya ekonomi, serta transfer teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Tantangan pendidikan kurun 21 terletak pada kecakapan individu dalam menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Untuk menjawab tantangan tersebut, maka perlu disiapkan sumber daya insan (SDM) yang mempunyai kompetensi berpikir kritis dan pemecahan masalah, penemuan dan kreativitas, komunikasi, kerja sama, dan pemahaman perihal teknologi. Selain itu, perlu disiapkan SDM yang mempunyai kecerdasan, terbuka, demokratis, damai, santun, bisa bersaing dan bersanding.
Fenomena tersebut di atas selain berdampak positif juga sanggup menimbulkan ekses negatif yang perlu diantisipasi dengan perubahan paradigma pembangunan. Paradigma pembangunan perlu ditransformasikan dari paradigma yang berfokus pada kekayaan alam menuju paradigma peradaban sebagai kekayaan dan modal pembangunan sehingga menghasilkan insan sebagai pelaku atau produsen.
Kurikulum 2013 dirancang untuk menjawab perubahan paradigma pembangunan dan tantangan pendidikan kurun 21, serta bonus demografi sehingga sanggup menghasilkan insan Indonesia produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegrasi. Kurikulum mata pelajaran Ekonomi sebagai bab integral dari Kurikulum 2013 dirancang untuk menyiapkan penerima didik biar mempunyai kompetensi yang dibutuhkan.
Kompetensi Dasar (KD) dan materi pembelajaran mata pelajaran Ekonomi disusun dengan memperhatikan urutan (sequence), kedalaman dan keluasan materi, rumusan Kata Kerja Operasional (KKO) yang sesuai dengan tuntutan kompetensi inti, linieritas dan koherensi struktur kompetensi, dan kontekstualisasi peraturan perundangan.
Perubahan tata kelola forum jasa keuangan, perkembangan sistem dan alat pembayaran, pentingnya literasi keuangan, perkembangan TIK dan perkembangan model kolaborasi ekonomi internasional menyerupai Uni Eropa (UE), ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang berdampak terhadap cara insan dalam melaksanakan produksi, distribusi dan konsumsi serta perubahan struktur pasar. Hal tersebut sangat perlu diintegrasikan dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih kontekstual dan menarik minat berguru penerima didik.
Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memperlihatkan kesempatan kepada guru untuk membuatkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif aktivitas yang dirancang berbasis aktifitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup membuatkan banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru dibutuhkan kreatif dalam membuatkan materi, mengelola proses pembelajaran, memakai metode dan model pembelajaran, yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik.

B. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial  di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi salah satu mata pelajaran di pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTs), sedangkan di pendidikan menengah (SMA/MA) IPS dikenal sebagai kelompok peminatan gotong royong dengan peminatan MIPA; Bahasa dan Budaya. IPS di pendidikan dasar khususnya SD, bersifat terpadu-integreted alasannya ialah itu pembelajarannya tematik. Pada kelas rendah (I,II dan III) IPS dipadukan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika; pada SD/MI kelas tinggi (Kelas IV, V, dan VI) menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.  Pada jenjang SMP/MTs, pembelajarannya bersifat terpadu-korelatif, secara materi konsep-konsep ilmu sosial dalam IPS belum terikat pada tema. Pada pendidikan menengah yaitu SMA/MA  IPS menjadi kelompok peminatan, yang di dalamnya terdiri atas mata pelajaran yang berdiri sendiri (monodisipliner) yaitu Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah.
Setelah mengikuti pembelajaran IPS di pendidikan dasar dan kelompok peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial di pendidikan menengah, penerima didik akan mempunyai kemampuan sebagai berikut.
Mengenal dan memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya;
Mengaplikasikan teori, pendekatan dan metode ilmu-ilmu sosial dan humaniora, dalam penelitian sederhana dan  mengomunikasikan secara mulut dan/atau goresan pena sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah dengan memanfaatkan teknologi informasi;
Berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, kreatif, inovatif, kolaboratif dan terampil menuntaskan problem dalam kehidupan masyarakat;
Memahami dampak dari perkembangan ilmu pengetahuan terhadap perkembangan teknologi dan kehidupan insan baik di masa kemudian maupun potensi dampaknya di masa depan bagi dirinya, orang lain, dan lingkungannya
Memiliki kesepakatan dan  kesadaran  terhadap  nilai-nilai  sosial  dan kemanusiaan serta gembira menjadi warga negara Indonesia; dan
Berkomunikasi, bekerja sama, dan berdaya saing dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, global.

C. Kompetensi Setelah Mempelajari Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai perserta didik yang merupakan pengembangan dari kompetensi IPS SD/MI dan SMP/MTs. Setelah mempelajari muatan pembelajaran Ekonomi, penerima didik dibutuhkan mempunyai kemampuan sebagai berikut.
Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa atas sumber daya  dalam rangka pemenuhan kebutuhan.
Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, teliti, responsif dan proaktif serta memperlihatkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan ekonomi di masyarakat.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan  faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif,  berdasarkan rasa ingin tahunya perihal Ilmu Ekonomi dengan memanfaatkan  perkembangan teknologi dan seni untuk memecahkan problem ekonomi dalam kehidupan di masyarakat.
Merancang, mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta secara mandiri, efektif, dan kreatif serta bisa memakai metode sesuai dengan kaidah keilmuan ekonomi.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kurikulum 2013 memakai pembelajaran pribadi (direct teaching) dan tidak pribadi (indirect teaching). Pembelajaran pribadi ialah pembelajaran yang membuatkan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan keterampilan memakai pengetahuan melalui interaksi pribadi dengan sumber berguru yang menghasilkan pengetahuan dan keterampilan pribadi yang disebut dengan dampak pembelajaran (instructional effect). Pembelajaran tidak pribadi ialah pembelajaran melalui keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan mempunyai dampak pengiring (nurturant effect) terhadap pembentukan sikap dan sikap penerima didik. Pembelajaran pribadi dilaksanakan dalam proses pembelajaran Kompetensi Dasar pada Kompetensi Inti-3 dan 4.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan huruf penerima didik lebih lanjut.
Kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran kelas X, XI, dan XII diasjikan pada tabel berikut.

A. Kelas X
Alokasi Waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar

3.1 Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
4.1 Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan
Materi Pembelajaran
Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
a. Pengertian ilmu ekonomi
b. Masalah ekonomi (Kelangkaan dan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)
c. Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
d. Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan
e. Biaya peluang (opportunity cost)
f. Prinsip ekonomi
g. Motif ekonomi
h. Pembagian ilmu ekonomi
i. Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

Kegiatan Pembelajaran
a. Mengamati dan membaca banyak sekali sumber berguru yang relevan perihal  konsep ilmu ekonomi
b. Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapat penjelasan perihal konsep ilmu ekonomi
c. Melakukan identifikasi perihal kelangkaan dan biaya peluang serta menciptakan pola hubungan antara kelangkaan dan biaya peluang serta menyimpulkan perihal konsep ilmu ekonomi
d. Menyajikan hasil identifikasi  tentang kelangkaan dan biaya peluang sebagai bab dari konsep ilmu ekonomi menurut data/informasi dari banyak sekali sumber berguru yang relevan secara mulut dan tulisan

B. Kelas XI
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar

3.1 Mendeskripsikan konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
4.1 Menyajikan hasil penghitungan pendapatan nasional

Materi Pembelajaran
Pendapatan Nasional
Pengertian pendapatan nasional
Manfaat pendapatan nasional
Komponen-komponen/konsep pendapatan nasional
Metode penghitungan pendapatan nasional
Pendapatan per kapita
Distribusi pendapatan nasional

Kegiatan Pembelajaran
Membaca rujukan dan atau sumber lain yang relevan perihal konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi sebagai penjelasan perihal konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
Membuat pola hubungan informasi/data yang diperoleh untuk menyimpulkan perihal konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
Melakukan penghitungan menurut kasus yang disajikan guru atau sumber lain yang relevan
Menyajikan hasil analisis penghitungan pendapatan nasional secara mulut dan tulisan

C. Kelas XII
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi
4.1  Menyajikan akuntansi sebagai sistem informasi

Materi Pembelajaran
Akuntansi sebagai Sistem Informasi
Sejarah akuntansi
Pengertian dan manfaat akuntansi
Pemakai Informasi Akuntansi
Karakteristik kualitas informasi akuntansi
Prinsip dasar akuntansi
Bidang-bidang akuntansi
Profesi akuntan
Etika profesi akuntan

Kegiatan Pembelajaran
Membaca buku teks atau sumber berguru lain yang relevan perihal akuntansi sebagai sistem informasi
Berdiskusi  untuk memperdalam dan mendapat penjelasan perihal akuntansi sebagai sistem informasi
Mengumpulkan data dan informasi perihal akuntansi sebagai sistem informasi
Menganalisis dan menyimpulkan  tentang akuntansi sebagai sistem informasi
Menyajikan/mempresentasikan hasil daypikir perihal akuntansi sebagai sistem informasi secara mulut dan tulisan
*----- dan seterusnya..... 
file selengkapnya bisa pribadi di download saja

Itulah tadi beberapa cuplikan isi dan penjelasan mengenai Silabus Ekonomi K13 Revisi terbaru SMA yang sanggup anda download pada link download di bawah ini; 

Link Download: 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel