INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Download Rpp Ppkn K13 Kelas X Semester 1 Terbaru 2017

RPP PPKN K13 Kelas X Semester 1 Terbaru 2017/2018. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau PKn yaitu sebuah dokumen yang dibentuk oleh seorang guru sebagai pedoman dalam proses pembelajaran pada satu semester dalam satu tahun ajaran. Biasanya dalam menciptakan sebuah RPP seorang guru juga harus memperhatikan Kurikulum yang diterapkan. Untuk kurikulum terbaru, RPP mengacu pada kurikulum 2013 atau yang disebut dengan K13. Kurikulum K13 ini telah mengalami banyak penyempurnaan ketika Bapak Anies Baswedan menjadi Menteri Pendidikan. Bahkan K13 ini juga ada versi resivinya yang keluar buku K13 edisi revisi yang pada covernya tertulis draf Maret 2016.

Download RPP PPKn Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Terbaru. Pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan sebuah file yang sanggup dijadikan patokan oleh para guru yang mengajar di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam penyusunan RPP. Dimana RPP ini juga mengacu pada kurikulum 2013 yang sudah direvisi atau bisa disebut Terbaru. Mungkin jikalau ada yang kurang dalam RPP ini, para guru bisa menambahkan beberapa point tersendiri dalam RPP tersebut. Dalam paket RPP Kelas X Semester 1 atau Semester Ganjil ini terdapat 4 Bab, dan itu berarti dalam semster ganjil ini ada 4 RPP, tiap serpihan 1 RPP. Link download file bisa anda cari dibagian bawah artikel ini. 

 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau PKn yaitu sebuah dokumen yang dibentuk oleh  Download RPP PPKn K13 Kelas X Semester 1 Terbaru 2017

RPP PKn Kelas X Semester Ganjil. Dalam pembuatan RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebaiknya para guru harus mengetahui hakikat dari pelajaran PPKn di SMA/SMK. Hakikat Mata pelajaran PPKn sanggup dijabarkan sebagai berikut: Dalam tinjauan pedagogik, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan bidang kajian keilmuan, acara kurikuler, dan acara sosial-kultural yang bersifat multidimensional. Sifat multidimensional ini mengakibatkan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sanggup disikapi sebagai pendidikan nilai dan moral, pendidikan kemasyarakatan, pendidikan kebangsaan, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan politik, pendidikan aturan dan hak asasi manusia, serta pendidikan demokrasi.

Berikut ini salah satu pola yang terdapat dalam RPP PPKn Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 (K13).

RPP PPKn Kelas X Semester Ganjil Kurikulum 2013

BAB 1
Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara

Satuan Pendidikan :................................................
Kelas / Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit

A. KOMPETENSI INTI:

  1. Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
  2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai serpihan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Mengorganisasi nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara sebagai salah satu bentuk dedikasi kepada Tuhan YME
1.1.1 Membangun nilai-nilai toleran dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara.
1.1.2 Membangun nilai-nilai kejujuran dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
2.1 Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintah negara
2.1.1 Membangun nilai-nilai toleransi dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
2.1.2 Membangun nilai-nilai kejujuran dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintah negara.
3.1 Menganalisis nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintah negara
3.1.1 Menganalisis sistem pembagian kekuasaan negara Republik Indonesia
3.1.2 Mengidentifikasi kedudukan dan fungsi kementerian negara Republik Indonesia dan forum pemerintahan non departemen
3.1.3 Menganalisis kedudukan dan fungsi pemerintahan tempat dalam kerangka NKRI
3.1.4 Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan
4.1 Mengambil keputusan bersama sesuai nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
4.1.1 Menyaji hasil analisis ihwal pengambilan keputuan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara
4.1.2 Mengkomunikasikan hasil analisis terkait dengan pengambilan keputusan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara

C. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pelajaran PPKn Kelas X Bab I yaitu Pembelajaran Nilai-nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Kekuasaan Negara, dengan sub-bab sebagai berikut:
1. Sistem pembagian kekuasaan negara
2. Kedudukan dan fungsi kementerian negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan Non Departemen
3. Kedudukan dan fungsi pemerintahan tempat dalam kerangka NKRI
4. Nilai-nilai pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan.


D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama ( 2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan

  1.  Guru mempersiapkan kelas biar lebih aman untuk proses berguru mengajar;kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta bukuyang diperlukan.
  2. Guru memberikan topik ihwal menjelajah wilayah negara Kesatuan RepublikIndonesia. Sebelum mengkaji lebih lanjut ihwal topik itu, terkait dengan sikap sosial.Guru memperlihatkan penguatan ihwal aspek motivasi berguru dan sikap spiritualpeserta didik berkaitan dengan sara syukur atas karunia Allah SWT, sehingga masihapat melaksanakan acara dengan bail, sehat serta atas dasar keimanan terhadapAllah SWT.
  3. Guru menegaskan kembali ihwal topik dan memberikan kompetensi yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
1. Peserta didik membaca artikel ihwal “Ketetuan Undang-Undang Dasar NRI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” (Buku Paket hal 31-36)
2. Peserta didik diarahkan/dimotivasi untuk menanyakan hal-hal yang bekaitan dengan Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur ihwal wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia , Kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia, Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia
3. Peserta didik membentuk kelompok berguru untuk membahas/mendiskusikan Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur ihwal :
a. wilayah negara, (kel 1)
b. warga negara dan penduduk, (kel 2)
c. agama dan kepercayaan, (kel 3)
d. pertahanan dan keamanan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, (kel 4)
4. Peserta didik secara kelompok mencari isu ihwal ketentuan dalam Undang-Undang Dasar NRI yang mengatur ihwal hal-hal tersebut di atas (setiap kelompok berbeda-beda)
5. Peserta didik mempresentasikan/ menyajikan hasil diskusi kelompoknya ihwal ketentuan dalam Undang-Undang Dasar NRI yang mengatur ihwal hal-hal tersebut di atas (setiap kelompok berbeda-beda)
6. Peserta didik merefleksi hasil presentasi kelompok
7. Peserta didik secara bahu-membahu menyimpulkan
c. Kegiatan Penutup
1. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru sanggup melaksanakan refleksi terkait dengan kasustersebut.
2. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT,Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

2. Pertemuan Kedua (2 Jam Pelajaran)

a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan kelas biar lebih aman untuk proses berguru mengajar dilanjutkan dengan apersepsi.
2. Guru memberikan topik ihwal “Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan Non Departemen”.
3. Guru mempersiapkan pembahasan materi melalui metode diskusi. Kelompok yang telah ditentukan topiknya pada pertemuan pertama (kelompok 1 biar mempersiapkan kelompoknya).

b. Kegiatan Inti
1. Presentasi kelompok 1, topik Bab 1, Sub-Bab B. Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan Non Departemen.
2. Pada dikala Kelompok 1 tampil presentasi, kelompok lainnya menyimak materi
presentasi (mengamati).
3. Setelah presentasi selesai dipaparkan oleh kelompok 1, kelompok lain memperlihatkan saran/masukan dan mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang sedang dibahas (menanya).
4. Pengajuan pertanyaan dilakukan dalam bentuk termin pertanyaan (jumlah termin diadaptasi dengan alokasi waktu yang tersedia).
Kegiatan mengumpulkan isu dilakukan sebelum presentasi kelompok dalam bentuk penugasan mencari isu terkait dengan materi yang akan di presentasikan.

Kegiatan mengasosiasikan dilakukan baik oleh kelompok yang menerima kiprah presentasi, juga kelompok lain dengan melaksanakan analisis dalam kelompok pada dikala menyimak jalannya presentasi guna menciptakan pertanyaan.

c. Kegiatan Penutup
1. Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru sanggup melaksanakan refleksi terkait dengan kasus tersebut.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

3. Pertemuan Ketiga dan Keempat (4 Jam Pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistic yang dibutuhkan, memotivasi akseptor didik biar terlibat pada acara pemecahan duduk kasus yang dipilih.
2. Guru meminta akseptor didik untuk mengamati dengan membaca buku BAB 1, Sub Bab D. Nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan.
3. Guru menanamkan sikap teliti dan cermat dalam membaca sub serpihan tersebut.
4. Guru meminta akseptor didik mencatat hal-hal yang penting dan mungkin sanggup dieksplorasi dari bacaan tersebut.
 
b. Kegiatan Inti
1. Guru membagi akseptor didik dalam 7 kelompok heterogen beranggotakan 4 - 5 orang.
2. Guru meminta akseptor didik secara kelompok mencatat pertanyaan yang ingin diketahui, dan mendorong akseptor didik untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan pertanyaan secara mendalam dalam daftar pertanyaan.
3. Guru mengamati keterampilan akseptor didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan.
4. Permasalahan dan pertanyaan yang diselidiki tidak memiliki tanggapan mutlak “benar” sebuah duduk kasus yang rumit dan kompleks memiliki banyak penyelesaian dan seringkali bertentangan.
5. Selama penyelidikan akseptor didik didorong untuk mengajukan pertanyaan dan mencari isu ihwal penerapan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan.
6. Guru akan bertindak sebagai pembimbing yang siap membantu, namun akseptor didik harus berusaha untuk berguru keras.
7. Peserta didik aktif terlibat dalam sejumlah kegiatan penyelidikan dan hasil-hasil penyelidikan ini sanggup menghasilkan penyelesaian duduk kasus tersebut.

c. Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing kelompok untuk mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila yang sudah di implementasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan upaya pemecahan duduk kasus jikalau nilainilai tersebut belum diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan RI
2. Guru membimbing akseptor didik menyusun laporan hasil identifikasi penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan. Laporan tersebut sanggup berupa materi tayang (powerpoint) atau laporan tertulis.
3. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian sanggup dilakukan setiap kelompok secara bergantian di depan kelas dan kelompok lain memperlihatkan pertanyaan atau komentar terhadap hasil kerja dari kelompok penyaji.

E. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap : melalui pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis (Ulangan Harian)

Baca Juga: RPP PPKN Kelas X Semester 2 Terbaru
Itulah tadi sebagian pola isi salah satu RPP PPKn Kelas X Sekolah Menengan Atas Semester 1 K13 yang sanggup Anda download melalui link di bawah ini. Jika ada beberapa kekurangan, Anda bisa menambahkannya tersendiri. Untuk proses evaluasi sikap dan evaluasi pengetahuan silahkan Anda tambah tabel sesuai jurnal evaluasi yang diterapkan pada sekolah Anda.

Link Download: 

RPP K13 PPKN Revisi Terbaru Versi 2
RPP PKN X 1
RPP PKN X 2
RPP PKN X 3
RPP PKN X 4

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel