Rpp Ppkn K13 Kelas Xi Semester 1 Terbaru 2017/2018
Download RPP PPKN Kelas XI Semester 1 K13 Terbaru 2017/2018. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah salah satu dokumen yang harus disiapkan oleh para guru yang mengajar pada satuan tingkat pembelajaran. Setelah kemaren admin blog ini menuliskan artikel mengenai RPP untuk Kelas X Semester 1 dan Semester 2 Tahun anutan 2017/2018. Kali ini giliran RPP mata pelajaran PPKN kelas XI semester 1. Bagi para guru yang menginginkan file RPP tersebut sanggup mengikuti artikel ini untuk mengunduh filenya.
RPP PPKN Kurikulum 2013 (K13) Kelas XI Terbaru. Pada RPP mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) untuk Kelas XI jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat ini terdapat 5 buah RPP. Karena pada kelas XI semester 1 ini terdapat 5 bab/materi yang harus diajarkan pada penerima didik kelas XI semester 1. Anda bisa mendownload ke-lima file tersebut pada link yang tersedia di bawah sendiri. Apabila ada yang kurang mengenai RPP, silahkan ditambahkan sendiri.
Berikut ini ada teladan RPP PPKN Kelas XI semester 1, namun hanya RPP ke-1 saja. Isinya hanya sebagian dan tidak keseluruhan isi sanggup kami tampilkan. Untuk melihat isi lengkapnya, Anda bisa mendownload semua filenya.
RPP Kelas XI Semester 1 K13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Satuan Pendidikan : .................
Kelas / Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bab / Materi : Bab 1 / Menapaki Jalan Terjal Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
KOMPETENSI INTI:
1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Menghayati nilai-nilai anutan agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
1.1.1 Menunjukkan sikap orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.1.2 Mengucap syukur atas nikmat dan karunia Tuhan YME
1.2 Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam proses pembelajaran
2.1.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam proses pembelajaran
2.2.3 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam proses pembelajaran
3.1 Menganalisis banyak sekali masalah pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
3.1.1 Menganalisis substansi HAM dalam Pancasila
3.1.2 Menganalisis berbagai masalah pelanggaran HAM di Indonesia
3.1.3 Menganalisis upaya penyelesaian masalah pelanggaran HAM
4.1 Menyaji pembahasan masalah pelanggaran HAM secara argumentative dan saling Keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila pancasila
4.1.1 Menyusun hasil pembahasan masalah pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
4.1.2 Menyaji hasil pembahasan masalah pelanggaran hak asasi insan secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
C. MATERI PEMBELAJARAN
Secara Garis besar bahan pembelajaran Bab 1 ialah sebagai berikut:
1. Substansi hak asasi insan dalam Pancasila
a. Hak asasi insan dalam nilai dasar sila-sila Pancasila
b. Hak asasi insan dalam nilai instrumental sila-sila Pancasila
c. Hak asasi insan dalam nilai praksis sila-sila Pancasila
2. Kasus Pelanggaran hak asasi insan di Indonesia
a. Konsep pelanggaran hak asasi manusia
b. Penyebab pelanggaran hak asasi manusia
c. Penyimpangan nilai-nilai Pancasila dalam banyak sekali masalah pelanggaran hak asasi insan di Indonesia
3. Upaya Penyelesaian masalah pelanggaran hak asasi manusia
a. Upaya pemerintah dalam penanganan masalah pelanggaran hak asasi insan di Indonesia
b. Pentingnya partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya masalah pelanggaran hak asasi manusia
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan umum : scientific
Metode : discovery, diskusi dan presentasi
E. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media:
a. Buku PPKn K13 dari bse.kemdikbud.go.id
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3. Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education I1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013. Buku yang diunduh dari bse.kemendikbud.go.id. Pancasila Paripurna Pengarang M.Latif serta Majalah Suara Muhammadiyah,Majalah MATAN,dan Buku yang RELEVAN(CIVIC EDUCATION)PP Muhammadiyah Yogyakarta,dan PPKn dari Mahkamah Konsitusi, Amandemen Undang-Undang Dasar 1945
b. Buku pelajaran PPKn K13 dari bse.kemdikbud.go.id
F. LANGKAH -LANKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan:
2) Guru mempersiapkan kelas supaya lebih aman untuk proses mencar ilmu mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan membaca ayat suci alqur’an, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
3) Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidiupan sehari-hari.
4) Guru memberikan garis besar cakupan bahan dan acara yang akan dilakukan.
5) Guru memberikan lingkup dan teknik evaluasi yang akan digunakan.
Inti:
Mengamati (Observing)
Peserta didik diminta untuk membaca buku Teks Pelajaran PPKn Bab 1 Sub cuilan B bahan Penyebab timbulnya HAM
Menanya(Questioning)
Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan berkaitan dengan bahan yang telah dibacanya, masing-masing dengan pertanyaan yang berbeda
Pengumpulan Data (Experimenting)
Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan informasi ihwal contoh-contoh masalah pelanggaran HAM di Indonesia dan factor-faktor penyebab terjadinya, dengan memakai banyak sekali sumber dari buku, media masa atau internet.
Mengasosiasi(Associating)
• Peserta didik mengerjakan kiprah sanggup bangkit diatas kaki sendiri 1.2 yaitu melaksanakan identifikasi dan menyimpulkan factor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM
• Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media cetak atau elektronik, serta mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Tugas tersebut dikerjakan di rumah.
Mengkomunikasikan(Communicating)
• Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaanya, penerima didik lainnya diberi kesempatan untuk menanggapi hasil pekerjaan temannya.
• Peserta didik melaporkan hasil tugasnya secara tertulis untuk diberi evaluasi oleh guru.
Penutup:
1. Peserta didik sanggup ditanya apakah sudah memahami bahan pelajaran tersebut.
2. Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dibahas pada pertemuan ini sebagai refleksi
3. Peserta didik diminta untuk mengerjakan kiprah kelompok 1.2 yaitu mengidentifikasi dan menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media cetak atau elektronik, serta mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Tugas tersebut dikerjakan di rumah.
G. PENILAIAN
............ selengkapnya ada di file unduh.
Satuan Pendidikan : .................
Kelas / Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bab / Materi : Bab 1 / Menapaki Jalan Terjal Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
KOMPETENSI INTI:
1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Menghayati nilai-nilai anutan agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
1.1.1 Menunjukkan sikap orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.1.2 Mengucap syukur atas nikmat dan karunia Tuhan YME
1.2 Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam proses pembelajaran
2.1.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam proses pembelajaran
2.2.3 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam proses pembelajaran
3.1 Menganalisis banyak sekali masalah pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
3.1.1 Menganalisis substansi HAM dalam Pancasila
3.1.2 Menganalisis berbagai masalah pelanggaran HAM di Indonesia
3.1.3 Menganalisis upaya penyelesaian masalah pelanggaran HAM
4.1 Menyaji pembahasan masalah pelanggaran HAM secara argumentative dan saling Keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila pancasila
4.1.1 Menyusun hasil pembahasan masalah pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
4.1.2 Menyaji hasil pembahasan masalah pelanggaran hak asasi insan secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
C. MATERI PEMBELAJARAN
Secara Garis besar bahan pembelajaran Bab 1 ialah sebagai berikut:
1. Substansi hak asasi insan dalam Pancasila
a. Hak asasi insan dalam nilai dasar sila-sila Pancasila
b. Hak asasi insan dalam nilai instrumental sila-sila Pancasila
c. Hak asasi insan dalam nilai praksis sila-sila Pancasila
2. Kasus Pelanggaran hak asasi insan di Indonesia
a. Konsep pelanggaran hak asasi manusia
b. Penyebab pelanggaran hak asasi manusia
c. Penyimpangan nilai-nilai Pancasila dalam banyak sekali masalah pelanggaran hak asasi insan di Indonesia
3. Upaya Penyelesaian masalah pelanggaran hak asasi manusia
a. Upaya pemerintah dalam penanganan masalah pelanggaran hak asasi insan di Indonesia
b. Pentingnya partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya masalah pelanggaran hak asasi manusia
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan umum : scientific
Metode : discovery, diskusi dan presentasi
E. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media:
a. Buku PPKn K13 dari bse.kemdikbud.go.id
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3. Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education I1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013. Buku yang diunduh dari bse.kemendikbud.go.id. Pancasila Paripurna Pengarang M.Latif serta Majalah Suara Muhammadiyah,Majalah MATAN,dan Buku yang RELEVAN(CIVIC EDUCATION)PP Muhammadiyah Yogyakarta,dan PPKn dari Mahkamah Konsitusi, Amandemen Undang-Undang Dasar 1945
b. Buku pelajaran PPKn K13 dari bse.kemdikbud.go.id
F. LANGKAH -LANKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan:
2) Guru mempersiapkan kelas supaya lebih aman untuk proses mencar ilmu mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan membaca ayat suci alqur’an, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
3) Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidiupan sehari-hari.
4) Guru memberikan garis besar cakupan bahan dan acara yang akan dilakukan.
5) Guru memberikan lingkup dan teknik evaluasi yang akan digunakan.
Inti:
Mengamati (Observing)
Peserta didik diminta untuk membaca buku Teks Pelajaran PPKn Bab 1 Sub cuilan B bahan Penyebab timbulnya HAM
Menanya(Questioning)
Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan berkaitan dengan bahan yang telah dibacanya, masing-masing dengan pertanyaan yang berbeda
Pengumpulan Data (Experimenting)
Peserta didik secara berkelompok mengumpulkan informasi ihwal contoh-contoh masalah pelanggaran HAM di Indonesia dan factor-faktor penyebab terjadinya, dengan memakai banyak sekali sumber dari buku, media masa atau internet.
Mengasosiasi(Associating)
• Peserta didik mengerjakan kiprah sanggup bangkit diatas kaki sendiri 1.2 yaitu melaksanakan identifikasi dan menyimpulkan factor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM
• Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media cetak atau elektronik, serta mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Tugas tersebut dikerjakan di rumah.
Mengkomunikasikan(Communicating)
• Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaanya, penerima didik lainnya diberi kesempatan untuk menanggapi hasil pekerjaan temannya.
• Peserta didik melaporkan hasil tugasnya secara tertulis untuk diberi evaluasi oleh guru.
Penutup:
1. Peserta didik sanggup ditanya apakah sudah memahami bahan pelajaran tersebut.
2. Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dibahas pada pertemuan ini sebagai refleksi
3. Peserta didik diminta untuk mengerjakan kiprah kelompok 1.2 yaitu mengidentifikasi dan menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media cetak atau elektronik, serta mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Tugas tersebut dikerjakan di rumah.
G. PENILAIAN
............ selengkapnya ada di file unduh.
Itulah tadi sedikit teladan isi yang ada dalam RPP PPKN Kelas XI Semester 1 yang memakai kurikulum 2013 atau lebih dikenal dengan sebutan Kurikulum K13. Untuk mengunduh file tersebut silahkan klik link download dibawah ini:
Link Download: