INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Rpp Ipa Kelas Vii Semester 2 Smp K13 Revisi Terbaru 2018/2019

RPP IPA Kelas VII Semester 2 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi Terbaru2018/2019. Pada artikel yang berjudul RPP IPA Kelas VII (7) Semester 2 SMP/MTs K13 Revisi Terbaru Tahun pedoman 2018/2019 ini kami akan memperlihatkan file RPP yang sanggup didownload oleh para guru-guru yang mengajar di SMP khususnya kelas VII yang mengajar mata pelajaran IPA. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) biasanya dibentuk oleh para guru yang mengajar di satuan pendidikan sebelum mereka melaksanakan proses pembelajaran kepada akseptor didik di sekolah. RPP yang dibentuk haruslah mengacu pada silabus yang telah ditentukan. Pada RPP yang kami bagikan ini, mata pelajaran yang akan diajarkan sudah menyesuaikan kurikulum 2013 (K13) yang telah direvisi tahun 2017. K13 Revisi 2018/2019 ini sementara ialah contoh mata pelajaran yang terbaru untuk diajarkan pada akseptor didik.

 Pada artikel yang berjudul RPP IPA Kelas VII  RPP IPA Kelas VII Semester 2  Sekolah Menengah Pertama K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Download RPP IPA Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Semester 2 / Genap K13 Revisi Terbaru. Pada artikel ini , Anda juga sanggup melihat contoh rpp yang akan anda download, jadi Anda sanggup mengecek apakah RPP yang kami bagikan ini benar-benar telah mengacu pada Buku paket Kurikulum 2013 Revisi 2018. Sedangkan RPP yang telah kami buat ini, telah mengacu pada standar proses yang harus dimiliki oleh sebuah RPP yang menurut pada permendikbud no.22 Tahun 2016 ihwal standar proses komponen RPP.

Berikut ini merupakan cuplikan isi dari RPP IPA Kelas VII / 7 Sekolah Menengah Pertama Semester 2 (Genap);

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah : Sekolah Menengah Pertama …
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : VII / Genap
Materi Pokok : Sistem Organisasi Kehidupan
Alokasi waktu :

A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
  • KI. 1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya
  • KI. 2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • KI. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata.
  • KI. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel hingga organisme dan komposisi utama penyusun sel.
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan

Indikator
3.6.1. Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
3.6.2. Menjelaskan ihwal sistem.
3.6.3. Melakukan pengamatan sel dengan memakai mikroskop.
3.6.4. Melakukan pengamatan jaringan dengan memakai mikroskop.
3.6.5. Menjelaskan pengertian organ.
3.6.6. Membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ.
3.6.7. Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.
3.6.8. Menyebutkan 3 contoh sistem organ yang menyusun organisme.
3.6.9. Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil projek sel.

C. Tujuan Pembelajaran
3.6.1.1. Peserta didik sanggup menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
3.6.2.1. Peserta didik sanggup menjelaskan ihwal sistem.
3.6.3.1. Peserta didik sanggup melaksanakan pengamatan sel dengan memakai mikroskop
3.6.4.1. Peserta didik sanggup melaksanakan pengamatan jaringan dengan memakai mikroskop.
3.6.5.1. Peserta didik sanggup menjelaskan pengertian organ.
3.6.6.1. Peserta didik sanggup membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ.
3.6.7.1. Peserta didik sanggup menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.
3.6.8.1. Peserta didik sanggup menyebutkan 3 contoh sistem organ yang menyusun organisme.
3.6.9.1. Peserta didik mempunyai keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil projek sel.

D. Materi Pembelajaran
1 Konsep Organisasi Kehidupan
2 Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan
3 Praktikum: Mengamati Sel Tumbuhan dengan Mikroskop dan Membandingkan Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan
4 JaringanPraktikum
5 Organ
6 Sistem Organ, Organisme, dan Presentasi Projek Model Sel

E. Metode Pembelajaran

Pendekatan umum : scientific
Metode : discovery, diskusi dan presentasi


F. Media dan Bahan

Media : Buku, Papan Tulis dan LCD Proyektor
Bahan : Buku Paket dan LKS

G. Sumber Belajar

a. Buku Paket K13
b. Referensi dari Internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Pertama Konsep Organisasi Kehidupan (3 JP)

a. Kegiatan Pendahuluan
1. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi akseptor didik tunjukkanlah posisi mereka di dalam kelas, kemudian keberadaan kelas mereka. Kemudian, mintalah akseptor didik untuk menganalisis suatu bangunan sekolah yang terdiri atas ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, dan lain-lain, kiprah serta fungsi keberadaan ruangruang tersebut serta apa jadinya kalau ruang tersebut tidak tersedia.
2.. Catatan: “Guru sanggup berbagi dengan hal-hal terkait yang menggambarkan adanya hierarki dan bersahabat dengan kehidupan akseptor didik.”
3. Bimbing akseptor didik untuk mengajukan pertanyaan terkait pengamatan terhadap ruang-ruang sekolah dan fungsinya.

b. Kegiatan Inti
1. Secara berkelompok, akseptor didik melaksanakan Kegiatan 1.1 “Mengamati Bagian Tubuh Katak”, melaksanakan pengamatan kepingan badan katak. Kemudian menuliskan hasil kerjanya (sesuai kreasi akseptor didik), dan mendiskusikan hasilnya, serta mempresentasikannya. Doronglah akseptor didik untuk tidak takut salah; yang penting mekanisme dilakukan dengan benar dan aman.
2. Elaborasi lebih lanjut ke keterampilan proses IPA (kaitkan dengan hasil kegiatan akseptor didik), yaitu observasi – inferensi – komunikasi serta manfaat berguru IPA bagi akseptor didik
3. Catatan: “Untuk pengembangan lebih lanjut, guru sanggup memakai binatang suplemen yang mungkin dan gampang didapat akseptor didik. Dapat pula memakai awetan yang sudah jadi apabila di sekolah memiliki.”
4. Ingat: “Observasi ini hanya ingin mengenalkan bahwa makhluk hidup tersusun dari bagian-bagian, bukan mempelajari struktur hewan!.

c. Kegiatan Penutup
Guru melaksanakan pengecekan pemahaman dengan meminta siswa mengerjakan kiprah (lihat Ayo Latihan Subbab A). Pada final pembelajaran mintalah siswa melaksanakan refleksi ihwal apa yang dipelajari dan manfaatnya.

2. Pertemuan II dan III: Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan (2 JP) dan Praktikum (3JP)

a. Pendahuluan
1. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi akseptor didik tunjukkanlah gambar sel (sperma, telur ayam, dan lain-lain), kemudian mintalah akseptor didik memberikan idenya ihwal “Apa yang dilihat?”
2. Mempersiapkan praktikum Kegiatan 1.2 “Mengamati Sel Tumbuhan dengan Mikroskop” dan praktikum Kegiatan 1.3 “Membandingkan Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan“

b. Inti
1. Guru memperlihatkan klarifikasi konsep sel dan kebanyakan sel membutuhkan alat bantu untuk mempelajarinya berupa mikroskop.
2. Secara berkelompok akseptor didik diminta untuk menganalisis data pengamatan.
3. Peserta didik mendefinisikan konsep “sel”.
4. Peserta didik mempresentasikan temuannya.
5. Peserta didik menciptakan preparat dari daun Rhoeo discolordengan bimbingan guru.
6. Peserta didik mengambil sel epitel pipi insan (siswa sendiri) dengan bimbingan guru.
7. Peserta didik mengamati sel dari daunRhoeo discolordan sel epitel ekspresi memakai mikroskop.
8. Peserta didik memakai data hasil pengamatan, menganalisis, dan menyimpulkannya.
9. Peserta didik membandingkan sel tumbuhan dan sel hewan.
10. Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan dan diskusinya.

c. Penutup
1. Melakukan refleksi serta penugasan berdikari melalui penugasan berdikari pada Kegiatan 1.4 “Berpikir kritis”.
2. Penugasan kelompok berupa projek kegiatan 1.5 “Membuat Model Sel“.

3. Pertemuan IV : Jaringan (2JP) dan Praktikum (3JP)

a. Pendahuluan
1. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi akseptor didik tunjukkanlah gambar jaringan dan organ (daun dan bagianbagiannya), kemudian mintalah akseptor didik memberikan idenya ihwal “Apa yang dilihat?”
2. Guru memberikan tujuan pembelajaran.
3. Mempersiapkan praktikum pada Kegiatan 1.2 “Mengamati Sel Tumbuhan dengan Mikroskop “.

b. Inti
1. Secara berkelompok akseptor didik diminta mengamati secara cermat gambar jaringan dan organ (daun dan bagianbagiannya).
2. Hasil pengamatan didiskusikan dan akseptor didik menciptakan kesimpulan.
3. Peserta didik menciptakan kesimpulan ihwal konsep jaringan, kemudian mempresentasikan kesudahannya di depan kelas
4. Peserta didik melaksanakan Kegiatan 1.6 “Mengamati Jaringan “. Kemudian menuliskan hasil kerjanya (sesuai kreasi akseptor didik), dan mendiskusikan kesudahannya (terus tekankan observasi – inferensi – komunikasi). Doronglah akseptor didik untuk tidak takut salah.

c. Penutup
Guru melaksanakan review bersama siswa dengan menjawab beberapa pertanyaan.

J. Penilaian
a. Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
3. Penilaian Keterampilan

b. Remidial
Bagi Peserta Didik yang belum mencapai KKM diberi remedial yaitu mempelajari kembali bahan yang belum dikuasai dengan bimbingan guru.
Setelah melaksanakan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil diagnosis, menemukan penyebab kesulitan berguru dan topik-topik yang belum dikuasai, guru sanggup melaksanakan kegiatan remedial menurut pada rencana kegiatan yang telah ditetapkan.

c. Pengayaan
Bacalah isu di bawah ini dengan saksama!
Pada tumbuhan, proses pengangkutan air dan mineral serta hasil fotosintesis dilakukan oleh jaringan pengangkut, yakni xylemdan floem. Untuk menandakan proses pengangkutan tersebut, siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama melaksanakan percobaan memakai tumbuhan pacar air (Impatiens balsamina) yang telah dipotong kepingan akarnya. Selanjutnya, batang pacar air dimasukkan ke dalam gelas beker yang berisi larutan kesumba merah 25% dan dibiarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, dibentuk irisan tipis dari batang pacar air tersebut untuk diamati di bawah mikroskop. Pada ketika mengamati irisan batang di mikroskop, ternyata terdapat kepingan preparat yang tampak berwarna merah.

Berdasarkan isu di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Apa fungsi dari kesumba warna merah pada kegiatan tersebut?
Jawab
Fungsi zat pewarna kesumba merah pada percobaan tersebut untuk menandakan terjadinya proses pengangkutan air dan mineral pada tanaman.

2. Mengapa percobaan tersebut memakai tumbuhan pacar air
(Impatiens balsamina)? Jelaskan.
Jawab
Tanaman pacar air mempunyai batang berair (herba), sehingga gampang dibuktikan terjadinya pengangkutan air.

3. Bagian apa yang tampak berwarna merah? Jelaskan prediksimu.
Jawab
Bagian xylem. Karena xylem berfungsi untuk mengangkut air. Pada percobaan tersebut menandakan bahwa xylembekerja dalam proses pengangkutan air kesumba merah sehingga kepingan xilemtampak berwarna merah.



                             ……………..,…………………………

Mengetaui,
Kepala Sekolah …                          Guru Mata Pelajaran

_____________________            _______________________
NIP. …                                          NIP.
Download Juga: Kumpulan RPP Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Semester 2 2018/2019
Itulah tadi cuplikan isi dari RPP IPA Kelas VII / 7 SMP/MTs Semester 2 (Genap) menurut Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang versi lengkapnya sanggup ada download pada link download di bawah ini. File yang Anda download berupa file .rar atau zip, untuk membukanya anda membutuhkan password.

password: www.arsipguru.web.id

Link Download: 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel