INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Rpp Ppkn K13 Kelas Xii Semester 1 Revisi Terbaru 2017/2018

Download RPP PPKN Kelas XII Semester 1 Revisi Terbaru 2017/2018. RPP PPKN Kelas X dan Kelas XI pada kesempatan sebelumnya sudah selesai kami bagikan. Kali ini giliran RPP PPKN  Kelas XII semester 1 Revisi Terbaru Tahun fatwa 2017/2018 akan kami bagikan. Semoga RPP yang kami bagikan ini bisa bermanfaat dan membantu para guru dalam menyusun RPPnya. Karena setiap guru yang mengajar di sekolah harus mempunyai RPP sebagai pedomannya dalam acara belajar-mengajar di sekolah.   Silahkan download filenya pada link di paling bawah artikel ini.


RPP PPKN K13 Kelas XII Semester 1 2017/2018. Sebelum membahas lebih jauh mengenai RPP yang telah kami susun, ada baiknya jikalau kita mengetahui kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ada pada RPP PPKN  Kelas XII ini. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XII mempunyai empat kompetensi inti dan 25 kompetensi dasar. Berbeda dengan kurikulum PPKN  sebelumnya, konsep kompetensi inti ini merupakan konsep yang baru. Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya masing-masing.

Untuk mencapai efektivitas dan optimalisasi pelaksanaan pembelajaran, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan buku teks pelajaran PPKn Kelas XII. Berdasarkan jumlah KD terutama yang terkait dengan pembagian terstruktur mengenai KI-3, ruang lingkup bahan pelajaran yang terdapat dalam buku teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XII  semester 1 terdiri dari 4 (empat) Bab, yaitu sebagai berikut: Bab 1  : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila, Bab 2  : Pengelolaan Keuangan Negara dan Kekuasaan Kehakiman, Bab 3 : Dinamika Pengelolaan Kekuasaan Negara Di Pusat dan Daerah dalam Mewujudkan Tujuan Negara Indonesia dan Bab 4: Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara.

Berikut ini teladan beberapa isi yang ada dalam RPP PPKN untuk Kelas XII yang telah kami bagikan. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    :  ………
Kelas / Semester    :  XII / 1
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bab / Materi    :  1 / Kasus-Kasus Pelanggaran HAM dalam Perspektif Pancasila
Alokasi Waktu    :  8 x 45 menit

A. KOMPETENSI INTI:
1.    Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  KOMPETENSI DASAR & 
1.1     Menghayati nilai-nilai fatwa agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
1.2    Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
3.1    Menganalisis banyak sekali masalah pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
4.1    Menyaji pembahasan masalah pelanggaran HAM secara argumentative dan saling Keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila pancasila

C.  INDIKATOR PEMBELAJARAN:
1.1.1    Menunjukkan sikap orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.1.2    Mengucap syukur atas nikmat dan karunia Tuhan YME
2.1.1    Menunjukkan sikap jujur dalam proses pembelajaran
2.1.2    Menunjukkan sikap disiplin dalam proses pembelajaran
2.2.3    Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam proses pembelajaran
3.1.1    Menganalisis substansi HAM dalam Pancasila
3.1.2    Menganalisis berbagai  masalah pelanggaran HAM di Indonesia
3.1.3    Menganalisis  upaya penyelesaian masalah pelanggaran HAM
4.1.1    Menyusun hasil pembahasan masalah pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
4.1.2    Menyaji hasil pembahasan masalah pelanggaran hak asasi insan secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila

D.  MATERI PEMBELAJARAN
Secara Garis besar bahan pembelajaran Bab 1 ialah sebagai berikut:
1.    Substansi hak asasi insan dalam Pancasila
a.    Hak asasi insan dalam nilai dasar sila-sila Pancasila
b.    Hak asasi insan dalam nilai instrumental sila-sila Pancasila
c.    Hak asasi insan dalam nilai praksis sila-sila Pancasila
2.    Kasus Pelanggaran hak asasi insan di Indonesia
a.    Konsep pelanggaran hak asasi manusia
b.    Penyebab pelanggaran hak asasi manusia
c.    Penyimpangan nilai-nilai Pancasila dalam banyak sekali masalah pelanggaran hak asasi insan di Indonesia
3.    Upaya Penyelesaian masalah pelanggaran hak asasi manusia
a.    Upaya pemerintah dalam penanganan masalah pelanggaran hak asasi insan di Indonesia
b.    Pentingnya partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya masalah pelanggaran hak asasi manusia

E. ALAT/ MEDIA/ BAHAN/SUMBER BELAJAR
Alat / Media
1)    LCD Proyektor,             
2)    Dokumentasi pelanggaran HAM
3)    Film masalah pelanggaran hak HAM

Sumber Belajar
1)    Undang-Undang Dasar 1945 yang diamandemen
2)    Buku Peserta Didik  dan Buku Guru PPKn
3)    Internet

F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
Pendahuluan:
1)    Guru mempersiapkan kelas biar lebih aman untuk proses berguru mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan membaca ayat suci alqur’an, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
2)    Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidiupan sehari-hari.
3)    Guru memberikan garis besar cakupan bahan dan acara yang akan dilakukan.
4)    Guru memberikan lingkup dan teknik evaluasi yang akan digunakan.

Inti:
-    Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5-6 orang.
-    Peserta didik diminta untuk mengamati dengan membaca wacana Vonis 11 tahun Bos Kuali Kecewakan Buruh
-    Guru menawarkan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan-peranyaan yang sanggup menghadapkan penerima didik pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi

a)    Guru member kesempatan penerima didik mengidentifikasi sebanyak mungkin dilema yang relevan dengan pelanggaran HAM, kemudian  salah satunya dipilih dan dirumuskan pertanyaan dan diikuti dengan merumuskan dipotesis (jawaban atas pertanyaan  tersebut)
b)    Peserta didik secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui wacana kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia. Guru membimbing dan terus mendorong penerima didik untuk terus menggali rasa ingin tahu yang mendalam wacana kasus-kasus pelanggaran HAM dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut:
No    Pertanyaan
1   
2   
3   
dst   

c)    Guru menawarkan motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran
d)    Guru mengamati keterampilan penerima didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan


a)    Peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan balasan atas pertanyaan yang disusun dengan membaca uraian bahan di buku PPKn kelas XII Bab 1 Sub-bab A. Peserta didik juga diminta untuk mencari informasi dari banyak sekali sumber lain yang relevan menyerupai internet, web, media umum lainnya.
b)    Peserta didik juga mengumpulkan informasi untuk mengerjakan kiprah Tugas Kelompok 1.1 dan Tugas Kelompok 1.2 (Tugas Mandiri 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2 dikerjakan sebagai Pekerjaan Rumah)
c)    Peran Guru pada tahap ini ialah sebagai berikut:
i.    Menyediakan banyak sekali sumber berguru menyerupai buku teks siswa dan buku reverensi lainnya
ii.    Guru menjadi sumber berguru bagi penerima dengan memberkan konfirmasi atas balasan penerima didik atau menjelaskan balasan pertanyaan kelompok yang tidak terjawab.
iii.    Guru sanggup juga memperlihatkan buku atau sumber berguru lain yang sanggup dijadikan rujukan untuk menjawab pertanyaan.

Peserta didik pada tahapan ini menghubungkan banyak sekali informasi yang diperoleh, menyerupai kekerabatan HAM dengan antarsila dalam Pancasila, menghubungkan HAM dalam nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis sila-sila Pancasila.


a)    Peserta didik menyusun laporan hasil telaah HAM dalam Pancasila. Laporan disusun secara individu dan menjadi kiprah penerima didik dan dikumpulkan pada final pertemuan ini.
b)    Peserta didik secara acak (2-3) diminta untuk menyajikan hasil analisis HAM dalam Pancasila secara lisan.
c)    Guru menawarkan konfirmasi/penguatan atas balasan penerima didik

Penutup:
1)    Peserta didik sanggup ditanya apakah sudah memahami bahan pelajaran tersebut
2)    Peserta didik menyimpulkan bahan yang telah dibahas pada pertamuan pertama
3)    Guru menawarkan Tugas Mandiir 1.1 dan Tugas berdikari 1.2
4)    Guru dan penerima didik menutup acara dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertamuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.


G. PENILAIAN
........... selengkapnya silahkan download file aslinya.

Download Juga : RPP PKN Kelas XII Terbaru Semester 2
Itulah tadi beberapa teladan cuplikan isi dari RPP PPKN Kelas XII semester 1 Terbaru yang memakai kurikulum 2013. Untuk lebih jelasnya silahkan eksklusif download pada link dibawah ini:

Link Download: 
RPP 1 | RPP 2 | RPP 3 | RPP 4 

RPP PKN XII Revisi Terbaru Versi 2: 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel