INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Silabus Bahasa Indonesia Smp/Mts K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2018/2019. Selamat tiba para guru-guru yang mengajar di SMP dan MTs di seluruh Indonesia, pada kesempatan ini saya ingin membagikan file Silabus Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi Terbaru tahun pedoman 2018/2019 untuk siswa jenjang pendidikan SMP (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Silabus ini sengaja kami bagikan kepada guru-guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMP/MTs. Pastinya mereka sangat membutuhkan file Silabus ini guna untuk menyusun perangkat pembelajaran di awal semester 1 maupun awal semester 2 tahun pedoman 2018/2019 ini. 

guru yang mengajar di SMP dan MTs di seluruh Indonesia Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Download Silabus Bahasa Indonesia K13 Revisi 2017 SMP/MTs. Pada artikel ini telah kami sediakan link download yang terletak di bawah, sehingga anda sanggup eksklusif mendownload file tersebut untuk disimpan di komputer anda masing-masing dan tinggal melihat beberapa point-point yang sanggup dipakai untuk menyusun RPP masing-masing guru. Namun, sebelum anda mendownload, anda juga sanggup melihat cuplikan isi dari Silabus yang kami bagikan sehingga anda sanggup melihat dulu sebagian isi silabusnya. 

SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
(SMP/MTs)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2017

1. PENDAHULUAN 

A. Rasional
Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan biar siswa bisa mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan menurut tiga hal lingkup materi yang saling berafiliasi dan saling mendukung pengembangan kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa (mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis) siswa. Kompetensi perilaku secara terpadu dikembangkan melalui kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa. Ketiga hal lingkup materi tersebut yaitu bahasa (pengetahuan perihal Bahasa Indonesia); sastra (pemahaman, apresiasi, tanggapan, analisis, dan penciptaan karya sastra); dan literasi (perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam banyak sekali tujuan, khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus ini merupakan contoh bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia biar siswa bisa berbagi kepercayaan diri sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia secara leluasa sanggup membina dan berbagi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku berkomunikasi yang diharapkan siswa dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.

B. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Setelah mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diharapkan siswa mampu:

1. berbahasa Indonesia dengan aksentuasi pada kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis;
2. berbagi kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis melalui media teks. Teks merupakan perwujudan acara sosial dan mempunyai tujuan sosial. Pencapaian tujuan ini diwadahi oleh karakteristik: cara pengungkapan tujuan sosial (yang disebut struktur retorika), pilihan kata yang sesuai dengan tujuan, dan tata bahasa yang sesuai dengan tujuan komunikasi; dan
3. berkomunikasi dalam bentuk tulisan, lisan, atau multimodal (yakni teks yang menggabungkan bahasa dan cara/media komunikasi lainnya menyerupai visual, bunyi, atau ekspresi sebagaimana disajikan dalam film atau penyajian komputer).

C. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Kompetensi yang diharapkan yaitu siswa mampu:

SMP/MTs (Kelas VII – IX) : menjadi manusia yang mempunyai kemampuan berbahasa dan bersastra untuk berbagi ilmu pengetahuan.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN

A. Kelas VII
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaranberlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam berbagi abjad siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi perihal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca

Materi Pokok
Teks deskripsi
 Pengertian teks deskripsi
 Isi teks deskripsi
 Ciri umum teks deskripsi
 Struktur teks deskripsi
 Kaidah kebahasaan

Materi Pembelajaran 
 Mengamati model-model teks deskripsi
 Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi
 Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang meliputi struktur dan kaidah kebahasaannya
 Mengerjakan sejumlah acara secara berkelompok dan individual untuk memilih isi dan ciri-cirinya menurut struktur dan kaidah-kaidahnya
 Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari banyak sekali sumber untuk memilih isi dan ciri-cirinya

dari seterusnya....

B. Kelas VIII
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam berbagi abjad siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar 

3.1 Mengidentifikasi unsurunsur teks gosip (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1 Menyimpulkan isi dari gosip (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

Materi Pokok 
 Pengertian teks berita
 Unsur-unsur gosip (5 W + 1H)
 Ringkasan dan penyimpulan berita
 Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita
 Tanggapan terhadap isi berita

Pembelajaran
 Mengamati teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan
 Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman perihal unsur-unsur berita
 Mendiskusikan langkahlangkah memilih pokokpokok/unsur-unsur berita
 Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsurunsur teks gosip yang dibaca
 Menanggapi berita

C. Kelas IX
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam berbagi abjad siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar 
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Materi Pokok
 Fungsi teks laporan
 Pengertian teks laporan
 Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperim en)
 Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Pembelajaran
 Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
 Membaca dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian) 
 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
 Menyampaikan isi informasi perihal struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dari file Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018 yang sanggup anda download pada link download di bawah ini: 

Link Download: 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel