Silabus Bahasa Indonesia Smp/Mts K13 Revisi Terbaru 2018/2019
 Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2018/2019. Selamat tiba para guru-guru yang mengajar di SMP dan MTs di seluruh Indonesia, pada kesempatan ini saya ingin membagikan file Silabus Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi Terbaru tahun pedoman 2018/2019 untuk siswa jenjang pendidikan SMP (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Silabus ini sengaja kami bagikan kepada guru-guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMP/MTs. Pastinya mereka sangat membutuhkan file Silabus ini guna untuk menyusun perangkat pembelajaran di awal semester 1 maupun awal semester 2 tahun pedoman 2018/2019 ini. 
  Download Silabus Bahasa Indonesia K13 Revisi 2017 SMP/MTs. Pada artikel ini telah kami sediakan link download yang terletak di bawah, sehingga anda sanggup eksklusif mendownload file tersebut untuk disimpan di komputer anda masing-masing dan tinggal melihat beberapa point-point yang sanggup dipakai untuk menyusun RPP masing-masing guru. Namun, sebelum anda mendownload, anda juga sanggup melihat cuplikan isi dari Silabus yang kami bagikan sehingga anda sanggup melihat dulu sebagian isi silabusnya. 
  SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
  SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
  (SMP/MTs)
  KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
  JAKARTA, 2017
  1. PENDAHULUAN 
  A. Rasional
  Kurikulum  2013  mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  secara  umum  bertujuan  biar  siswa bisa mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar  dikembangkan  menurut  tiga  hal  lingkup  materi  yang  saling  berafiliasi  dan saling  mendukung  pengembangan  kompetensi  pengetahuan  kebahasaan  dan  kompetensi keterampilan  berbahasa  (mendengarkan,  membaca,  memirsa,  berbicara,  dan  menulis) siswa.  Kompetensi  perilaku  secara  terpadu  dikembangkan  melalui  kompetensi  pengetahuan kebahasaan  dan  kompetensi  keterampilan  berbahasa.  Ketiga  hal  lingkup  materi  tersebut yaitu  bahasa  (pengetahuan  perihal  Bahasa  Indonesia);  sastra  (pemahaman,  apresiasi, tanggapan,  analisis,  dan  penciptaan  karya  sastra);  dan  literasi  (perluasan  kompetensi berbahasa  Indonesia  dalam  banyak sekali  tujuan,  khususnya  yang  berkaitan  dengan  membaca dan menulis).
  Silabus  ini  disusun  dengan  format  dan  penyajian/penulisan  yang  sederhana  sehingga gampang  dipahami  dan  dilaksanakan  oleh  guru.  Penyederhanaan  format  dimaksudkan  biar penyajiannya  lebih  efisien,  tidak  terlalu  banyak  halaman  namun  lingkup  dan  substansinya tidak  berkurang,  serta  tetap  mempertimbangkan  tata  urutan  (sequence)  materi  dan kompetensinya.  Penyusunan  silabus  ini  dilakukan  dengan  prinsip  keselarasan  antara  ide, desain,  dan  pelaksanaan  kurikulum;  gampang  diajarkan  oleh  guru  (teachable);  gampang dipelajari  oleh  siswa  (learnable);  terukur  pencapainnya  (measurable);  bermakna (meaningfull);  dan  bermanfaat  untuk  dipelajari  (worth  to  learn)  sebagai  bekal  untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.
  Silabus  ini  merupakan  contoh  bagi  guru  dalam  melaksanakan  pembelajaran  Bahasa  Indonesia biar  siswa  bisa  berbagi  kepercayaan  diri  sebagai  komunikator,  pemikir (termasuk  pemikir  imajinatif),  dan  menjadi  warga  negara  Indonesia  yang  melek  literasi dan  informasi.  Silabus  ini  bersifat  fleksibel.  Guru  mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  secara leluasa  sanggup  membina  dan  berbagi  pengetahuan,  keterampilan,  dan  perilaku berkomunikasi  yang  diharapkan  siswa  dalam  menempuh  pendidikan,  hidup  di  lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.
  B. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
  Setelah mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diharapkan siswa mampu:
  1. berbahasa  Indonesia  dengan  aksentuasi  pada  kemampuan  mendengarkan,  membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis;
  2. berbagi  kemampuan  mendengarkan,  membaca,  memirsa  (viewing),  berbicara, dan  menulis  melalui  media  teks.  Teks  merupakan  perwujudan  acara  sosial  dan mempunyai  tujuan  sosial.  Pencapaian  tujuan  ini  diwadahi  oleh  karakteristik:  cara pengungkapan  tujuan  sosial  (yang  disebut  struktur  retorika),  pilihan  kata  yang  sesuai dengan tujuan, dan tata bahasa yang sesuai dengan tujuan komunikasi; dan
  3. berkomunikasi  dalam  bentuk  tulisan,  lisan,  atau  multimodal  (yakni  teks  yang menggabungkan  bahasa  dan  cara/media  komunikasi  lainnya  menyerupai  visual,  bunyi,  atau ekspresi sebagaimana disajikan dalam film atau penyajian komputer).
  C. Kompetensi  yang  Diharapkan  Setelah  Siswa  Mempelajari  Bahasa  Indonesia  di  Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
  Kompetensi yang diharapkan yaitu siswa mampu:
  SMP/MTs (Kelas VII – IX) : menjadi manusia yang mempunyai kemampuan berbahasa dan bersastra untuk berbagi ilmu pengetahuan.
  II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN
  A. Kelas VII
  Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
  Kompetensi  Sikap  Spiritual  dan  Kompetensi  Sikap  Sosial  dicapai  melalui  pembelajaran tidak  eksklusif  (indirect  teaching)  pada  pembelajaran  Kompetensi  Pengetahuan  dan Kompetensi  Keterampilan  melalui  keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolah  dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran  serta kebutuhan dan kondisi siswa.
  Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaranberlangsung  dan  sanggup  dipakai  sebagai  pertimbangan  guru  dalam  berbagi abjad siswa lebih lanjut.
  Pembelajaran  untuk  Kompetensi  Pengetahuan  dan  Kompetensi  Keterampilan  sebagai  berikut ini.
  Kompetensi  Dasar
  3.1  Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi perihal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
  4.1  Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca
  Materi Pokok
  Teks deskripsi
   Pengertian teks deskripsi
   Isi teks deskripsi
   Ciri umum teks deskripsi
   Struktur teks deskripsi
   Kaidah kebahasaan
  Materi Pembelajaran 
   Mengamati model-model teks deskripsi
   Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi
   Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang meliputi struktur dan kaidah kebahasaannya
   Mengerjakan sejumlah acara secara berkelompok dan individual untuk memilih isi dan ciri-cirinya menurut struktur dan kaidah-kaidahnya
   Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari banyak sekali sumber untuk memilih isi dan ciri-cirinya
  dari seterusnya....
  B.  Kelas VIII
  Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
  Kompetensi  Sikap  Spiritual  dan  Kompetensi  Sikap  Sosial  dicapai  melalui  pembelajaran tidak  eksklusif  (indirect  teaching)  pada  pembelajaran  Kompetensi  Pengetahuan  dan Kompetensi  Keterampilan  melalui  keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolah  dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
  Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung  dan  sanggup  dipakai  sebagai  pertimbangan  guru  dalam  berbagi abjad siswa lebih lanjut.
  Pembelajaran  untuk  Kompetensi  Pengetahuan  dan  Kompetensi  Keterampilan  sebagai  berikut ini.
  Kompetensi Dasar 
  3.1 Mengidentifikasi unsurunsur teks gosip (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
  4.1  Menyimpulkan isi dari gosip (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
  Materi Pokok 
   Pengertian teks berita
   Unsur-unsur gosip (5 W + 1H)
   Ringkasan dan penyimpulan berita
   Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita
   Tanggapan terhadap isi berita
  Pembelajaran
   Mengamati teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan
   Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman perihal unsur-unsur berita
   Mendiskusikan langkahlangkah memilih pokokpokok/unsur-unsur berita
   Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsurunsur teks gosip yang dibaca
   Menanggapi berita
  C.  Kelas IX
  Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/minggu
  Kompetensi  Sikap  Spiritual  dan  Kompetensi  Sikap  Sosial  dicapai  melalui  pembelajaran tidak  eksklusif  (indirect  teaching)  pada  pembelajaran  Kompetensi  Pengetahuan  dan Kompetensi  Keterampilan  melalui  keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolah  dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran  serta kebutuhan dan kondisi siswa.
  Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung  dan  sanggup  dipakai  sebagai  pertimbangan  guru  dalam  berbagi abjad siswa lebih lanjut.
  Pembelajaran  untuk  Kompetensi  Pengetahuan  dan  Kompetensi  Keterampilan  sebagai  berikut ini.
  Kompetensi Dasar 
  3.1  Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
  4.1  Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
  Materi Pokok
   Fungsi teks laporan
   Pengertian teks laporan
   Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperim en)
   Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
  Pembelajaran
   Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
   Membaca dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian) 
   Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
   Menyampaikan isi  informasi perihal struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
  Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dari file Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018 yang sanggup anda download pada link download di bawah ini: 
  Link Download: 
 
 

 
