INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Soal Uas/Pas Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 8 Smp K13 2018/2019

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama K13 2018/2019. Pada kesempatan ini kami akan membagikan file Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas VIII / 8 Sekolah Menengah Pertama Semester 1 yang sanggup dipakai sebagai materi latihan untuk mengerjakan soal, ataupun juga sanggup dijadikan tumpuan dalam pembuatan soal untuk siswa di sekolah bagi para guru yang mengajar di sekolah menangah pertama. Pada soa UAS Bahasa Indonesia kelas 8 semester ganjil tersebut terdapat beberapa model soal, yaitu ada soal piihan ganda dan juga terdapat soal esay. Soal tersebut sudah sesuai dengan materi yang diajarkan memakai kurikulum 2013 terbaru sehingga sudah sangat cocok untuk tahun fatwa terbaru yaitu 2018/2019 kini ini.

 Pada kesempatan ini kami akan membagikan file Soal UAS Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama K13 2018/2019

Berikut informasi merupakan cuplikan materi pada kelas 8 mata pelajaran Bahasa INdonesia.

Bab 1 Memperlajari Berita Seputar Indonesia.
Pada abad kini isu menjadi "menu" utama dalam deretan masakan harian "empat sehat lima sempurna". Tiada hari tanpa berita. Dari waktu ke waktu, detik demi detik, isu tiba silih berganti. Beragam informasi terus berhamburan memenuhi ruang kehidupan kita setiap harinya. Dengan banyaknya sajian berita, baik melalui media cetak maupun elektronik, kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik.
Pemahaman terhadap struktur dan kaidah teks isu memudahkan kita dalam mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Berita-berita tersebut berperan sebagai sumber ilmu pengetahuan dan penambah wawasan.
Ada pepatah, seseorang yang menguasai isu (informasi), dialah yang akan menguasai dunia.

A. Menentukan Unsur-Unsur Berita
Setelah mempelajari materi ini, kau dibutuhkan bisa :
1. menjelaskan pengertian berita;
2. mengidentifikasi unsur-unsur teks isu yang kau dengar dan kamu
baca.
dan seterusnya...

Bab 2 Iklan, Sarana Komunikasi
Dalam serpihan sebelumnya, kita sudah mendalami teks isu dari aneka macam media. Ketika mengikuti berita, baik itu melalui media cetak maupun elektronik, kita tidak bisa lepas dari yang namanya iklan. Beragam iklan sanggup kita saksikan hampir setiap saat. Tujuannya untuk membujuk dan memengaruhi pembaca atau pendengar untuk berbuat sesuai dengan yang dikehendaki iklan itu.
Sebagaimana yang sanggup kau baca di surat kabar ataupun kau tonton di layar televisi dan di internet, tidak sedikit iklan yang susah dipahami artinya.
Dengan cara berdiskusi, kita bisa memberikan pendapat dan tafsiran wacana hal-hal yang tidak kau pahami.

Iklan merupakan salah serpihan dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan memperlihatkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan sanggup diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut kau sebagai anggota masyarakat terbujuk untuk membelibarang atau jasa yang diberitahukan itu.
A. Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster Setelah mempelajari materi ini, kau dibutuhkan bisa :
Menjelaskan pengertian, fungsi, serta mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan, slogan, atau poster dari aneka macam sumber.

dan seterusnya..

Bab 3  Teks Eksposisi dalam Media Massa

Kamu tentu senang membaca surat kabar atau majalah. Di media massa kau gampang mendapat teks eksposisi. Kalau ingin mengenal lebih akrab dengan teks tersebut, bersama-sama dalam percakapan sehari-hari pun dengan gampang kau mendapatkannya.
Ketika memberikan uraian dan di dalamnya terdapat banyak pendapat pribadi dengan tujuan untuk meyakinkan orang, berarti kau sedang memberikan teks eksposisi. Pada ketika berdiskusi pun demikian; pernyataan-pernyataan yang berisi pendapatlah yang sering kau lontarkan.

Nah, kini kau tidak lagi absurd dengan teks tersebut, bukan?

A. Mengenali Unsur-unsur Teks Eksposisi
Setelah mempelajari materi ini, dibutuhkan kau bisa : Mengenali informasi teks eksposisi (gagasan dan fakta) dan pola-pola pengembangannya dalam artikel ilmiah populer.

dan seterusnya..

Bab 4 Indahnya Berpuisi
Selain dalam bentuk prosa (eksposisi), gagasan sanggup diungkapkan dalam bentuk puisi. Bahkan, gagasan yang puitis itulah yang sering kau simak sehari-hari contohnya melalui lagu-lagu. Syair-syair lagu memang banyak yang berupa puisi. Isinya padat makna dan disusun dengan nada-nada yang indah.
Dengan demikian, berpuisi bukan hal yang absurd lagi bagi kamu. Suasana hati menjadi indah dengan mendengar dan membaca sesuatu yang dipuisikan, bukan? Apalagi kalau kita sendiri yang mengekspresikannya. Semakin senang alasannya ialah banyak orang yang suka. Itulah yang namanya berkah dari berpuisi.

A. Menemukan Unsur-unsur Pembentuk Puisi
Setelah mempelajari materi ini, kau dibutuhkan bisa : Mengartikan puisi dan merinci unsur-unsurnya dari acara membaca dan mendengarkan.

2. Unsur-unsur Puisi
Perhatikan kembali teks pusi ”Hujan Bulan Juni”. Sebagaimana teks lainnya, teks mempunyai unsur-unsur sebagai berikut.
a. Majas dan Irama
Berbeda dengan teks eksposisi, berita, ataupun teks lain yang telah kau pelajari puisi merupakan teks yang mengutamakan majas dan mengutamakan irama.
1) Majas (figurative language) ialah bahasa kias yang dipergunakan untuk membuat kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. Untuk menjadikan kesan-kesan tersebut, bahasa yang dipergunakan berupa perbandingan, pertentangan, perulangan, dan perumpamaan.
2) Irama (musikalitas) ialah alunan suara yang teratur dan berulang-ulang.
Irama berfungsi untuk memberi jiwa pada kata-kata dalam sebuah puisi yang pada balasannya sanggup membangkitkan emosi tertentu menyerupai sedih, kecewa, marah, rindu, dan bahagia.

dan seterusnya..

Itulah tadi beberapa cuplikan materi yang diujikan pada soal UAS Semester 1 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP.
Berikut ini merupakan tumpuan soal yang akan dikeluarkan;

1. Pustakawan harus mempunyai kemampuan administrasi yang baik, menguasai teknik berorganisasi, dan pengetahuan yang luas wacana buku-buku dan bahan-bahan pustaka lainnya. Akan tetapi, hal itu belum tentu bisa mendatangkan pembaca kalau pustakawan tidak memberi saran-saran dan masukan kepada pembaca dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya, pustakawan harus sanggup pula meyakinkan pembaca bahwa buku ialah sahabat kita.
Isi pokok dari kutipan laporan tersebut ialah ...
A. Kemampuan yang harus dimiliki oleh pustakawan
B. Buku ialah sahabat kita sehari-hari
C. Pustakawan sanggup memberi saran dan masukan bagi pembaca
D. Tugas pustakawan sangat memilih kema-juan perpustakaan

2. Hampir semua jenis penyu dilindungi oleh undang-undang nasional maupun internasional alasannya ialah dikhawatirkan akan punah. Disamping penyu Belimbing, dua spesies lain yakni yakni penyu Kemp’s Ridley dan penyu sisik juga diklasifikasikan sebagai sangat terancam punah oleh The World Conversation Union. Penyu hijau, penyu lekang atau penyu abu-abu dan penyu tempayan digolongkan terancam punah. Hanya penyu pipih yang diperkirakan tidak terancam punah.
Isi pokok yang terdapat pada kutipan di atas adalah................
A. Jenis penyu yang dilindungi undang-undang
B. Cara penangkaran penyu yang hampir punah
C. Tempat rekreasi yang menyajikan beberapa jenis penyu
D. Isi undnag-undang yang melindungi satwa yang hampir punah

3. Siswa akseptor tour sudah berkumpul di halaman sekolah. Sebelum berangkat, panitia tour mempersiapkan segala sesuatunya. Tujuan pertama Candi Prambanan, kemudian pantaiParangtritis dan Malioboro.
Laporan di atas disampaikan menurut urutan....
A. Waktu B. Tempat C. Ruang D. Topik

Untuk sanggup melihat tumpuan soal full beserta kunci jawabannya, silahkan saja eksklusif download melalui link di bawah ini:

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel