INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Soal Uas/Pas Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 7 K13 T.A 2018/2019

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 7 K13 t.a 2018/2019 . Pada kesempatan ini kami akan membagikan Soal UAS Bahasa Indonesia untuk kelas VII (7) Sekolah Menengah Pertama semester 1 (ganjil) K13 tahun pedoman 2018/2019. Contoh soal yang kami bagikan sanggup dipakai oleh guru maupun siswa sekolah menengah pertama (SMP)/MTs. Guru sanggup menggunakannya sebagai materi percontohan dalam menciptakan soal untuk anak didiknya disekolahannya masing-masing. Adapun siswa juga sanggup memilikinya dengan cara dibentuk latihan untuk mengerjakan soal UAS bahasa Indonesia semester 1 Sekolah Menengah Pertama kelas VII (7) tersebut. Dimana dengan sering-sering mengerjakan soal, nantinya kita akan terbiasa menghadapi banyak sekali macam soal yang akan diujikan oleh para guru di sekolah kita masing-masing.

Sebelum mengunduh rujukan soal tersebut alangkah baiknya kalau anda melihat dahulu mengenai materi dan indikasi mengenai soal yang akan dikeluarkan pada UAS semester 1 (ganjil) tahun pedoman 2018/2019 ini.
 Pada kesempatan ini kami akan membagikan Soal UAS Bahasa Indonesia untuk kelas VII  Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 7  K13 t.a 2018/2019

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut:

Materi Pokok
Teks deskripsi
- Pengertian teks deskripsi
- Isi teks deskripsi
- Ciri umum teks deskripsi
- Struktur teks deskripsi
- Kaidah kebahasaan

Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya
- Kaidah-kaidah kebahasaan teks eksposisi dan contohcontoh telaahannya
-Teknik penyuntingan teks deskripsi

Pengertian dan contohcontoh teks narasi (cerita fantasi)
- Unsur-unsur teks dongeng narasi
- Struktur teks narasi
- Kaidah kebahasaan teks narasi
- Kalimat eksklusif dan kalimat tidak langsung
- Penceritaan kembali isi teks narasi ini.

Cuplikan Materi Bahasa Indonesia Kelas VII (7):

Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

Pernahkah kau mendengar atau membaca teks deskripsi? Tentu kau pernah melihat jadwal jalan-jalan dari sebuah televisi yang menayangkan keindahan pariwisata Indonesia dengan pemaparan yang menarik. Atau pernahkah kau membaca info perjalanan yang mendeskripsikan keindahan wisata Indonesia? Ya, itulah beberapa rujukan teks deskripsi. Teks deskripsi sanggup ditemukan di buku yang berisi isu perjalanan, dalam film atau cerpen, majalah perjalanan, dan jadwal televisi ihwal jalan-jalan.
Pada kegiatan ini gurumu akan memandu biar kau aktif menemukan ciri umum dan pemetaan isi teks deskripsi. Ikuti rangkaian kegiatan berikut dengan penuh gairah! Selamat berguru menjadi pendeskripsi andal.

Bacalah teks berikut.

Parangtritis nan Indah
Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta yaitu Pantai Parangtritis.
Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah spesial Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.
Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita sanggup melihat watu karang besar yang seakan-akan siap menjaga gempuran ombak yang tiba setiap saat. Pantai higienis dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan pantai serasa tepat di sore hari. Di sore hari, kita sanggup melihat matahari terbenam yang merupakan dikala sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seakan-akan masuk ke dalam hamparan air laut.
Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini menciptakan pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita sanggup menyaksikan kerumunan bawah umur bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar angin laut. Kita juga sanggup naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang sanggup membawa kita ke area karang maritim yang sungguh sangat indah.


Adapun rujukan soal bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut:
I. Berilah tanda silang pada karakter A, B, C, atau D yang kau anggap benar!
Bacalah teks deskripsi berikut!
Rumah Tongkonan
Tongkonan yaitu rumah budbahasa masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang mempunyai rumah budbahasa ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah budbahasa ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh alasannya yaitu rumah adanya yang unik dan cantik. Oleh kar ena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah budbahasa Toraja. Tongkonan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan r amah setiap pengunjung yang datang.
Rumah budbahasa yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada tubuh rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bab rumah menambah bagus bangunan ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan ber motif garis- garis lengkung yang harmonis.
Rumah budbahasa yang ber jenis rumah panggung ini juga terbuat dar i kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang dipakai untuk menciptakan Tongkonan kabarnya mempunyai kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan pelitur, kayu rumah Tongkonan tetap infinit hingga r atusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja. Atap rumah Tongkonan melengkung ibarat perahu, terdiri atas susunan bambu. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bab depan rumah adat. Di setiap bangunan bab depan terdapat gugusan tanduk kerbau.
Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita gembira mempunyai warisan budaya dengan nilai arsitek yang tinggi dan unik. Rumah budbahasa Tongkonan war isan budaya yang perlu kita jaga.

Soal nomor 1 s/d 6 berkaitan dengan teks di atas.
1. Tujuan teks deskripsi di atas yaitu mendeskripsikan ....
A. tongkonan merupakan rumah budbahasa bagi masyarakat Toraja sebagai war isan budaya
B. rumah budbahasa yang terbuat dari materi kayu yang bagus dengan hiasan indah
C. rumah tersebut tidak perlu di vernis maupun di sirlak hingga ratusan tahun lamanya
D. kita gembira kalau tinggal di tanah Toraja alasannya yaitu mempunyai rumah yang unik

Adapun jawabannya adalah: A

Soal Selengkapnya sanggup Anda download pada link download di bawah ini:

Link Download:

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel