INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Rpp Matematika Kelas X Semester 2 K13 Revisi 2018/2019

RPP Matematika Kelas X Semester 2 K13 Revisi 2018/2019. Selamat pagi para guru semuanya, pada kesempatan ini kami akan membagikan file RPP Matematika Kelas X Sekolah Menengan Atas Semester 2 /  II (Genap) Kurikulum 2013 Revisi Terbaru tahun pedoman 2018/2019. RPP yang kami bagikan ini ialah RPP yang kami buat sendiri dan sudah mengacu pada buku paket K13 Revisi 2018 yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi, bagi para guru yang mengajar di Sekolah Menengan Atas tepatnya yang mengajar mata pelajaran Matematika di SMA kelas X tentunya pada semester 2 ini anda juga harus sudah mempunyai paket perangkat pembelajaran yang harus segera disetorkan ke pihak kurikulum atau sebagai materi arsip kelengkapan seorang guru jikalau nantinya ada pengawas, maka guru sanggup memperlihatkan perangkat pembelajaran mereka. 

 pada kesempatan ini kami akan membagikan file RPP Matematika Kelas X Sekolah Menengan Atas Semester  RPP Matematika Kelas X Semester 2 K13 Revisi 2018/2019

Download RPP K13 Matematika Kelas X Sekolah Menengan Atas Semester 2 / Genap. Pada artikel ini sengaja kami berikan link download yang sanggup dipakai sebagai jalan untuk mengunduh file RPP Matematika Kelas X semester 2 yang memang sengaja kami bagikan untuk sanggup dipakai oleh para guru yang mengajar di SMA. RPP yang kami bagikan ini berbentuk file Microsoft Word yang telah kami zip atau diubah dalam bentuk rar. Nantinya anda sanggup membukanya dengan memakai password yang telah kami berikan pada artikel ini. 

Selain itu, Anda juga sanggup melihat cuplikan isi dari RPP tersebut di bawah ini jadi anda bisa memastikanya lagi. Untuk materi kelas X semester 2 RPP yang kami bagikan ialah RPP materi Fungsi dan Trigonometri. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                 : Sekolah Menengan Atas …
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X/ Genap
Materi Pokok         : Fungsi
Alokasi waktu :

A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
1.  Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
2.  Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menawarkan sikap sebagai pecahan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, sertamenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
3.5  Menjelaskan dan Menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang mencakup notasi, tempat asal, tempat hasil, dan ekspresi simbolik, serta bagan grafiknya.
3.5.1  Menentukan notasi suatu fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional
3.5.2  Menentukan tempat asal suatu fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional melalui grafik
3.5.3  Menentukan tempat hasil suatu fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional melalui grafik.

3.6  Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifatsifatnya serta memilih eksistensinya.
3.6.1  Menentukan hasil operasi penjumlahan pada fungsi
3.6.2  Menentukan hasil operasi pengurangan pada fungsi
3.6.3  Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian fungsi
3.6.4  Menentukan hasil operasi komposisi pada fungsi.
3.6.5 Memahami de¬nisi fungsi invers3.6.6 Menentukan invers suatu fungsi
3.6.7 Menemukan sifat-sifat fungsi invers.

4.5  Menganalisa karakteristik masing – masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, asimtot) dan perubahan grafik fungsinya akhir transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb.
4.5.1  Menggunakan konsep tempat asal fungsi untuk menuntaskan problem kontekstual perihal fungsi
4.5.2  Menggunakan konsep tempat hasil fungsi untuk menuntaskan problem kontekstual perihal fungsi.

4.6  Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi.
4.6.1  Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan operasi aritmetika fungsi
4.6.2  Menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan operasi komposisi fungsi.
4.6.3  Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan invers suatu fungsi.
C. Tujuan Pembelajaran 
Setelah mempelajari fungsi melalui pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok, serta inovasi (discovery) siswa diharapkan mampu:
1.  menumbuhkan sikap sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif, dan proaktif, berani bertanya, berpendapat, serta menghargai pendapat orang lain dalam acara sehari-hari;
2.  menunjukkan rasa ingin tahu dalam memahami dan menuntaskan problem fungsi;
3.  menentukan tempat asal suatu fungsi;
4.  menentukan tempat hasil suatu fungsi;
5.  menentukan hasil operasi aritmetika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) suatu fungsi;
6.  menentukan hasil operasi komposisi suatu fungsi;
7.  menentukan invers suatu fungsi;
8.  memahami syarat-syarat suatu fungsi biar mempunyai invers;
9.  menggunakan konsep tempat asal dan tempat hasil untuk menuntaskan problem sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi;
10.  menyelesaikan problem kontekstual yang berkaitan dengan operasi aritmetika dan operasi komposisi fungsi.

D. Materi Pembelajaran 
Memahami Notasi, Domain, Range, dan Grafik  Suatu Fungsi

E. Metode Pembelajaran 
Project Based Learning, Problem-Based Learning, dan Discovery Learning dengan pendekatan scientific learning melalui proses mengamati, menanya, menalar, mencoba, membangun jejaring, dan mengomunikasikan aneka macam gosip terkait pemecahan problem real world, analisis data, dan menarik kesimpulan.

F. Media dan Bahan 
Media : Buku, Papan Tulis dan LCD Proyektor
Bahan : Buku Paket dan LKS

G. Sumber Belajar 
a. Buku Paket K13
b. Referensi dari Internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran 
Pertemuan 1

1. Kegiatan Pendahuluan
a.  Pembelajaran dimulai dengan do’a dan salam.
b.  Apersepsi.
1)  Para siswa diperkenalkan ulang materi korelasi dan fungsi yang telah dipelajari di SMP.
2)  Ajaklah siswa mengingat kembali konsep fungsi, penyajian fungsi, tempat asal, tempat kawan, dan tempat hasil fungsi.

Kegiatan Inti
Pengantar Pembelajaran
a.  Ajaklah siswa untuk memerhatikan dan memahami Gambar 3.1.
b.  Upayakan siswa lebih dahulu berusaha memikirkan, bersusah payah mencari ide-ide, berdiskusi dalam kelompok, dan mencari pemecahan problem di dalam kelompok.
c.  Guru sanggup memberi sumbangan kepada siswa, tetapi diupayakan mereka sendiri yang berusaha menuju tingkat pemahaman dan proses berpikir yang lebih tinggi.

Ayo Kita Amati
a.  Ajaklah siswa untuk mengamati Gambar 3.1 dan Gambar 3.2 dan fokuskan pengamatan kepada pengamatan bagaimana proses kerja sebuah mesin, mulai dari masukan, proses, hingga pada luaran yang dihasilkan oleh sebuah mesin. Selanjutnya, untuk Gambar 3.2 fokus pengamatannya pada tempat asal dan tempat hasil sebuah fungsi yang disajikan dalam grafik.
b.  Berilah kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi perihal perbedaan masukan pada mesin yang akan menghasilkan luaran yang berbeda juga.

Ayo Kita Menanya
a.  Jelaskan kiprah berikutnya, yaitu menciptakan notasi sebuah fungsi dan memilih tempat asal serta tempat hasil suatu fungsi.
b.  Amati siswa yang sedang bekerja dan jikalau diperlukan, berikan pertanyaan yang sanggup memancing pandangan gres kreatifitas siswa.

Sedikit Informasi
Informasikan kepada siswa tempat asal fungsi ialah semua nilainilai yang ada pada sumbu xdan tempat jadinya berasal pada sumbu-y.

Ayo Kita Menalar
Ajaklah siswa untuk mendiskusikan kembali perihal notasi, tempat asal, dan tempat hasil suatu fungsi. Perhatikan siswa yang sedang melaksanakan kegiatan Menalar.

Ayo Kita Berbagi
a.  Mintalah siswa untuk membuatkan hasil karyanya ke sahabat sebangkunya dan pastikan temannya yang mendapatkan hasil karya tersebut untuk memahami apa yang harus dilakukan.
b.  Pantaulah bagaimana mereka mengerjakan tugasnya dan pastikan bahwa kalimat-kalimat yang dipakai sudah sesuai dengan kaidah penulisan yang baik.

3. Kegiatan Penutup
a.  Apakah semua kelompok sudah mengumpulkan tugastugasnya dan apakah identitas kelompok sudah jelas? Coba periksa.
b.  Berikan evaluasi terhadap proses dan hasil karya siswa dengan memakai rubrik penilaian.
c.  Jika dipandang perlu, berikan latihan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah.

J. Penilaian 
1. Prosedur Penilaian
2.  Instrumen Pengamatan Sikap Rasa Ingin Tahu
a.  Kurang baik jikalau sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau hirau tak hirau (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran.
b.  Baik jikalau menawarkan sudah ada perjuangan untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum konsisten.
c.  Sangat baik jikalau menawarkan adanya perjuangan untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus-menerus dan konsisten.

Indikator perkembangan sikap tanggung jawab (dalam kelompok)
a.  Kurang baik jikalau menawarkan sama sekali tidak ambil pecahan dalam melaksanakan kiprah kelompok.
b.  Baik jikalau sudah adanya perjuangan ambil pecahan dalam melaksanakan kiprah kelompok tetapi belum konsisten.
c.  Sangat baik, jikalau sudah ambil pecahan dalam menuntaskan kiprah kelompok secara terus-menerus dan konsisten.
Download Juga: Silabus K13 Matematika Sekolah Menengan Atas Kelas X, XI, XII Revisi 2018/2019
3.  Instrumen evaluasi 1
Petunjuk:
a.  Kerjakan soal berikut secara individu, siswa tidak diperbolehkan menyontek dan bekerja sama.
b.  Jawablah pertanyaan/perintah di bawah ini.
dan seterusnya...... 

Untuk melihat versi lengkapnya, anda juga sanggup pribadi mendownload file RPP Matematika Kelas X Sekolah Menengan Atas K13 Revisi 2018/2019.

Password: www.arsipguru.web.id

Link Download: 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel