INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Silabus Fisika Sma/Ma K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Silabus Fisika SMA/MA K13 Revisi Terbaru 2018/2019. Selamat tiba para guru Sekolah Menengan Atas yang terhormat, pada artikel ini memang sengaja akan kami berikan informasi mengenai Silabus Fisika SMA/MA Kurikulum 2013 (K13). Para guru Sekolah Menengan Atas yang mengajar di kelas X dan XI tahun anutan 2018/2019 ini memang sedikit dibentuk agak resah dengan peralihan kurikulum 2013 yang mengalami revisi, sehingga mereka harus mengacu pada kurikulum dengan revisi terbaru. Pada Silabus yang kami bagikan ini berisi juga Standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator serta bahan pembelajran untuk kelas X, XI dan XII SMA/MA terbaru. 

 Selamat tiba para guru Sekolah Menengan Atas yang terhormat Silabus Fisika SMA/MA K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Download Silabus Fisika K13 Revisi Terbaru SMA/MA 2018/2019. Pada artikel ini memang sengaja kami bagikan link download yang eksklusif menuju ke file Silabus yang digunakan untuk tahun anutan 2018/2019 untuk buku teks pelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017, namun untuk Silabus yang diterbitkan oleh Kemendikbud yang terbaru digunakan yakni silabus revisi terbaru yang diterbitkan tahun 2016 dan itu isinya sama dengan buku k13 revisi terbaru. 

Berikut ini merupakan cuplikan isi dari Silabus Fisika SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru tahun anutan 2018/2019.

SILABUS MATA PELAJARAN FISIKA
SEKOLAH MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH 
(SMA/MA)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

I. PENDAHULUAN
A. Rasional

Saat ini kita berada pada era 21 yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang pesat, sehingga sains dan teknologi merupakan salah satu landasan penting dalam pembangunan bangsa. Pembelajaran sains diharapkan sanggup menghantarkan penerima didik memenuhi kemampuan era 21. Berikut kemampuan yang diharapkan pada era 21, yaitu: 1) keterampilan berguru dan berinovasi yang meliputi berpikir kritis dan bisa menuntaskan masalah, kreatif dan inovatif, serta bisa berkomunikasi dan berkolaborasi; 2) terampil untuk memakai media, teknologi, informasi dan komunikasi (TIK); 3) kemampuan untuk menjalani kehidupan dan karir, meliputi kemampuan beradaptasi, luwes, berinisiatif, bisa menyebarkan diri, mempunyai kemampuan sosial dan budaya, produktif, sanggup dipercaya, mempunyai jiwa kepemimpinan, dan tanggung jawab.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual,  dan memperlihatkan kesempatan kepada guru untuk menyebarkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, bahan pembelajaran, dan acara pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif acara yang dirancang berbasis aktifitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan aneka macam model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik.

B. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dibelajarkan semenjak SD/MI sampai SMA/MA. Pada jenjang SD/MI Kelas I, II, dan III (kelas rendah) muatan sains diintegrasikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan di Kelas IV, V, dan VI (kelas tinggi) Ilmu Pengetahuan Alam menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri tetapi pembelajarannya menerapkan pembelajaran tematik terpadu. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP/MTs menerapkan pembelajaran sains terpadu. Di tingkat SMA/MA Ilmu Pengetahuan Alam disajikan sebagai mata pelajaran yang spesifik yang terbagi dalam mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi.

Setelah mengikuti pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam semenjak Sekolah Dasar, lulusan pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh kecakapan untuk:
menjalani kehidupan dengan perilaku faktual dengan daya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan kolaboratif, disertai kejujuran dan keterbukaan, menurut potensi proses dan produk sains;
memahami fenomena alam di sekitarnya, menurut hasil pembelajaran sains melalui bidang-bidang spesifiknya yaitu Fisika, Kimia dan Biologi;
membedakan produk atau cara yang masuk nalar dengan produk atau cara yang tidak bersesuaian dengan prinsip-prinsip sains;
mengambil keputusan di antara aneka macam pilihan yang dibedakan oleh hal-hal yang bersifat ilmiah;
menyelesaikan duduk kasus yang dihadapi lulusan dalam kehidupannya, terutama menentukan di antara cara-cara yang telah dikenal insan menurut pertimbangan ilmiah;
mengenali dan menghargai tugas sains dalam memecahkan permasalahan umat manusia, menyerupai permasalahan ketersediaan pangan, kesehatan, pemberantasan penyakit, dan lingkungan hidup.
memahami pengaruh dari perkembangan sains terhadap perkem-bangan teknologi dan kehidupan insan di masa lalu, maupun potensi dampaknya di masa depan bagi dirinya, orang lain, dan lingkungannya.

C. Kompetensi Setelah Mempelajari Fisika di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Setelah penerima didik mengikuti pembelajaran Fisika di SMA/MA diharapkan mempunyai kompetensi yang meliputi kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan sebagai berikut.
menjalani kehidupan dengan perilaku faktual dengan daya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan kolaboratif, disertai kejujuran dan keterbukaan, menurut potensi proses dan produk fisika;
memahami fenomena alam di sekitarnya, menurut hasil pembelajaran sains melalui bidang-bidang Fisika;
membedakan produk atau cara yang masuk nalar dengan produk atau cara yang tidak bersesuaian dengan prinsip-prinsip Fisika;
mengambil keputusan di antara aneka macam pilihan yang dibedakan oleh hal-hal yang bersifat ilmiah;
menyelesaikan duduk kasus yang dihadapi dalam kehidupannya, terutama menentukan di antara cara-cara yang telah dikenal insan menurut pertimbangan ilmiah;
mengenali dan menghargai tugas Fisika dalam memecahkan permasalahan umat manusia; dan
memahami pengaruh dari perkembangan Fisika terhadap perkem-bangan teknologi dan kehidupan insan di masa lalu, maupun potensi dampaknya di masa depan bagi dirinya, orang lain, dan lingkungannya.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Kelas X
Alokasi waktu:  3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup digunakan sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan abjad penerima didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Menerapkan hakikat ilmu Fisika, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium serta tugas Fisika dalam kehidupan
4.1 Membuat mekanisme kerja ilmiah dan keselamatan kerja contohnya pada pengukuran kalor Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah:
Materi Pembelajaran
Hakikat Fisika dan perlunya mempelajari Fisika
Ruang lingkup Fisika
Metode dan Prosedur ilmiah
Keselamatan kerja di laboratorium
Kegiatan Pembelajaran
Mengamati, mendiskusikan, dan menyimpulkan perihal fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari, kekerabatan Fisika dengan disiplin ilmu lain, mekanisme ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium
Mendiskusikan dan menyimpulkan perihal ilmu Fisika dan hubungannya dengan disiplin ilmu lain, mekanisme ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di laboratorium
Mempresentasikan perihal pemanfaatan Fisika dalam kehidupan sehari-hari, metode ilmiah dan keselamatan kerja dikala melaksanakan acara pengukuran besaran Fisika

B. Kelas XI
Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup digunakan sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan abjad penerima didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan keseimbang-an benda tegar

Materi Pembelajaran
Keseimbangan dan dinamika rotasi:
Momen gaya
Momen inersia
Keseimbangan benda tegar
Titik berat
Hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi

Kegiatan Pembelajaran
Mengamati demonstrasi mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda untuk mendefinisikanmomen gaya.
Mendiskusikan penerapan keseimbangan benda titik, benda tegar dengan memakai resultan gaya dan momen gaya, penerapan konsep momen inersia, dinamika rotasi, dan penerapan aturan kekekalan momentum pada gerak rotasi.
Mengolah data hasil percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, menginterpretasi data dan grafik untuk menentukan karakteristik keseimbangan benda tegar
Mempresentasikan hasil percobaan perihal titik berat

C. Kelas XII
Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup digunakan sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan abjad penerima didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis prinsip kerja  peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Mempresentasikan hasil percobaan perihal prinsip kerja rangkaian listrik searah (DC)
Materi Pembelajaran
Rangkaian arus searah
Arus listrik dan pengukurannya
Hukum Ohm
Arus listrik dalam rangkaian tertutup
Hambatan sepotong kawat penghantar
Rangkaian hambatan
Gabungan sumber tegangan listrik
Hukum II Kirchoff
Energi dan daya listrik
Kegiatan Pembelajaran
Mendiskusikan dan menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari
Merancang dan melaksanakan percobaan perihal rangkaian listrik arus searah (DC)
Menganalisis data hasil praktik, menciptakan grafik, menuliskan persamaan grafik dan gradiennya, serta memprediksi nilai output untuk nilai input tertentu
Membuat dan menyajikan hasil percobaan perihal rangkaian listrik searah baik verbal maupun goresan pena secara sistematis
*-----------------------------dst..

Itulah tadi beberapa isi dan cuplikan dari File Silabus Fisika SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019. Anda bisa eksklusif mendownload pada link download yang sudah tersedia di bawah ini:

Link Download: 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel