INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Silabus Biologi Sma/Ma K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Silabus Biologi SMA/MA K13 Revisi Terbaru 2017/2018. Salam hangat para guru Biologi, tentunya pada kesempatan ini kami akan membagikan file Silabus Biologi Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru tahun pemikiran 2018/2019 untuk jenjang SMA/MA pada kelas X, XI dan XII. Di awal semester baik semester 1 maupun semester 2, tentunya para guru Biologi sudah sangat disibukkan dengan pekerjaan mereka, adalah menyusun perangkat pembelajaran untuk mengajar pada jenjang sekolah tempat mereka mengajar di wilayahnya masing-masing. Tentunya silabus ini sangat membantu dan bermanfaat sekali, alasannya K13 sudah pernah mengalami beberapa revisi dan untuk silabus ini sudah revisi terbaru dan sesuai dengan buku teks K13 Revisi 2017 yang telah diterbitkan oleh Kemendikbud RI. 

 tentunya pada kesempatan ini kami akan membagikan file Silabus Biologi Kurikulum  Silabus Biologi SMA/MA K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Download Silabus Biologi K13 Revisi Terbaru 2017/2018 SMA/MA. Pada artikel ini akan kami sediakan link download untuk mengunduh file Silabus Biologi terbaru untuk jenjang SMA ini. Namun, sebelum mendownloadnya para guru juga sanggup melihat beberapa klarifikasi mengenai isi dari silabus yang diterbitkan oleh Kemendikbud ini. mereka sanggup mencocokkannya, dan juga untuk melihat isi lengkapnya bisa pribadi mendownloadnya. 

Berikut ini merupakan cuplikan isi dari Silabus Biologi SMA/MA Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru.

SILABUS MATA PELAJARAN BIOLOGI
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
(SMA/MA)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
I. PENDAHULUAN
A. Rasional

     Saat ini kita berada pada periode 21 yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang pesat, sehingga sains dan teknologi merupakan salah satu landasan penting dalam pembangunan bangsa. Pembelajaran sains diharapkan sanggup menghantarkan akseptor didik memenuhi kemampuan periode 21. Berikut kemampuan yang diharapkan pada periode 21, yaitu: 1) keterampilan berguru dan berinovasi yang meliputi berpikir kritis dan bisa menuntaskan masalah, kreatif dan inovatif, serta bisa berkomunikasi dan berkolaborasi; 2) terampil untuk memakai media, teknologi, informasi dan komunikasi (TIK); 3) kemampuan untuk menjalani kehidupan dan karir, meliputi kemampuan beradaptasi, luwes, berinisiatif, bisa berbagi diri, mempunyai kemampuan sosial dan budaya, produktif, sanggup dipercaya, mempunyai jiwa kepemimpinan, dan tanggungjawab.

Memperhatikan konteks global dan kemajemukan masyarakat Indonesia, misi dan orientasi Kurikulum 2013 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus biar akseptor didik mempunyai kompetensi yang diharapkan bagi kehidupan masyarakat di masa sekarang dan di masa mendatang.
           
Pengembangan kurikulum Biologi Sekolah Menengan Atas tidak terlepas dari ekspresi dominan masa depan dalam lingkup Biologi, terutama kebutuhan kehidupan dari penerapan Biologi dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi yang didasarkan pada proses biologi menjadi salah satu ciri Abad 21 untuk menuntaskan problem kehidupan yang semakin rumit dan kompleks sehingga memerlukan solusi yang efektif dan efisien yang ramah lingkungan. Trens masa depan seperti: 1) Biomimetik: Peniruan prosedur alam untuk membuat produk baru; 2) Photonics: Penggunaan cahaya untuk membuat produk baru; 3) Nanobiotech: Kombinasi nanoteknologi dengan bioteknologi; 4) Genomik terarah: Pemanfaatan informasi genetik untuk menghasilkan obat, makanan, dan alat-alat yang lebih aman; 5) Biodeteksi: Pemanfaatan informasi biologis untuk mengetahui risiko dan penyakit; 6) Alat-alat neuro: Penciptaan mesin-mesin mikro untuk meningkatkan atau memperbaiki kerja otak; 7) Nanoenergy: Kombinasi nanotech dan energi untuk membuat materi bakar yang sanggup diperbaharui; dan 8) Quantum Encryption: Penggunaan komputasi kuantum untuk melindungi jaringan, produk, dan manusia. Dari delapan ekspresi dominan masa depan empat hal berkaitan dengan biologi. Maka untuk menjawab kebutuhan jaman kurikuum BIologi dikembangkan dengan kompetensi yang menuntut kecakapan biologi yang berupa keterampilan proses dalam aspek kerja ilmiah.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh akseptor didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningful); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan akseptor didik.
   
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual,  dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk berbagi dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup berbagi banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.

B. Kompetensi  Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dibelajarkan semenjak SD/MI sampai SMA/MA. Pada jenjang SD/MI Kelas I, II, dan III (kelas rendah) muatan sains diintegrasikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan di Kelas IV, V, dan VI (kelas tinggi) Ilmu Pengetahuan Alam menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri tetapi pembelajarannya menerapkan pembelajaran tematik terpadu. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP/MTs menerapkan pembelajaran sains terpadu. Di tingkat SMA/MA Ilmu Pengetahuan Alam disajikan sebagai mata pelajaran yang spesifik yang terbagi dalam mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi.

Setelah mengikuti pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam semenjak Sekolah Dasar, lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah akan memperoleh kecakapan untuk:
menjalani kehidupan dengan perilaku kasatmata dengan daya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan kolaboratif, disertai kejujuran dan keterbukaan, menurut potensi proses dan produk sains;
memahami fenomena alam di sekitarnya, menurut hasil pembelajaran sains melalui bidang-bidang spesifiknya adalah Fisika, Kimia dan Biologi;
membedakan produk atau cara yang masuk logika dengan produk atau cara yang tidak bersesuaian dengan prinsip-prinsip sains;
mengambil keputusan di antara banyak sekali pilihan yang dibedakan oleh hal-hal yang bersifat ilmiah;
menyelesaikan problem yang dihadapi lulusan dalam kehidupannya, terutama menentukan di antara cara-cara yang telah dikenal insan menurut pertimbangan ilmiah;
mengenali dan menghargai tugas sains dalam memecahkan permasalahan umat manusia, ibarat permasalahan ketersediaan pangan, kesehatan, pemberantasan penyakit, dan lingkungan hidup.
memahami dampak dari perkembangan sains terhadap perkem¬bangan teknologi dan kehidupan insan di masa lalu, maupun potensi dampaknya di masa depan bagi dirinya, orang lain, dan lingkungannya.

Kompetensi Setelah Mempelajari Biologi di Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah

Setelah akseptor didik mengikuti pembelajaran Biologi di SMA/MA diharapkan mempunyai kompetensi yang meliputi kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan sebagai berikut ini.
menjalani kehidupan dengan perilaku kasatmata dengan daya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan kolaboratif, disertai kejujuran dan keterbukaan, menurut potensi proses dan produk biologi;
memahami fenomena alam di sekitarnya, menurut hasil pembelajaran sains melalui bidang-bidang Biologi;
membedakan produk atau cara yang masuk logika dengan produk atau cara yang tidak bersesuaian dengan prinsip-prinsip Biologi;
mengambil keputusan di antara banyak sekali pilihan yang dibedakan oleh hal-hal yang bersifat ilmiah;
menyelesaikan problem yang dihadapi dalam kehidupannya, terutama menentukan di antara cara-cara yang telah dikenal insan menurut pertimbangan ilmiah;
mengenali dan menghargai tugas Biologi dalam memecahkan permasalahan umat manusia; dan
memahami dampak dari perkembangan Biologi terhadap perkem-bangan teknologi dan kehidupan insan di masa lalu, maupun potensi dampaknya di masa depan bagi dirinya, orang lain, dan lingkungannya.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

A. Kelas X
    Alokasi waktu:  3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dignakan sebagai pertimbangan guru dalam berbagi huruf akseptor didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi  Dasar
3.1 Memahami  melalui penerapan perihal ruang lingkup Biologi (permasalahan pada banyak sekali obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja menurut pengamatan dan percobaan
4. 1 Menyajikan data dalam banyak sekali bentuk media informasi perihal permasalahan pada banyak sekali obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan sebagai hasil penerapan metode ilmiah dengan memperhatikan aspek keselamatan kerja
Materi  Pembelajaran
Ruang Lingkup Biologi
Permasalahan Biologi pada banyak sekali objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
Manfaat mempelajari Biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban bangsa
Metode Ilmiah
Keselamatan Kerja
Kegiatan Pembelajaran
Mengamati dan melaksanakan penelitian dengan menerapkan aspek-aspek keselamatan kerja dalam laboratorium Biologi terkait  fenomena kehidupan masa sekarang yang berkaitan dengan Biologi dalam banyak sekali bidang dan tingkat organisasi kehidupan dengan cara metode ilmiah
Membuat laporan hasil-hasil pengamatan, hasil penelitian, kerja ilmiah perihal fenomena  kehidupan masa sekarang dan tingkat organisasi kehidupan  untuk pengembangan karir dalam Biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja untuk membentuk/ memperbaiki pemahaman perihal ruang lingkup Biologi serta mempresentasikannya

B. Kelas XI
    Alokasi waktu:  4 jam pelajaran /minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dignakan sebagai pertimbangan guru dalam berbagi huruf akseptor didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi  Dasar
3.1 Memahami  komponen  kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan

 4.1Menyajikan fakta yang merepresentasikan pemahamannya perihal struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan dan penerapannya dalam banyak sekali aspek kehidupan

3.2 Menganalisis bioproses pada sel yang meliputi: prosedur transport membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksositosis) dan proses-proses lainnya sebagai hasil kegiatan banyak sekali  organel sel
4.2 Membuat karya dengan menerapkan bioproses yang berlangsung di dalam sel Sel

Materi Pembelajaran
Komponen kimiawi penyusun sel
Struktur dan fungsi bagian-bagian sel
Kegiatan sel sebagai unit struktural dan fungsional makhluk hidup
Tranpor membran
Sintesis protein untuk menyusun sifat morfologis dan fisiologis sel
Reproduksi sel sebagai kegiatan untuk membentuk morfologi badan dan memperbanyak tubuh
Kegiatan Pembelajaran
Membaca dan mengkaji literatur perihal komponen kimiawi penyusun sel, struktur sel, proses yang terjadi di dalamnya dan mengamati gambar struktur sel prokariotik, sel tumbuhan, sel binatang dari banyak sekali sumber
Melakukan pengamatan mikroskopik mengenai sel, sistem transpor zat pada membran sel, dan proses mitosis pada akar bawang segar/preparat awetan secara kelompok
Membandingkan, menganalisis  hasil pengamatan dan mempresentasikan dalam banyak sekali media perihal hubungan antara kuliner yang dikonsumsi dengan zat penyusun sel

C. Kelas XII
    Alokasi waktu:  4 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi akseptor didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dignakan sebagai pertimbangan guru dalam berbagi huruf akseptor didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi  Dasar
3.1 Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
4.1  Merencanakan dan melaksanakan percobaan perihal faktor eksternal yang memengaruhi faktor internal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan memakai tatacara penulisan ilmiah yang benar
Materi  Pembelajaran
Pertumbuhan dan Perkembangan
Konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
Faktor-faktor yang menghipnotis pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
Desain penelitian
Kegiatan  pembelajaran
Mengamati carta/video perihal pertumbuhan pada makhluk hidup, mendiskusikan, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi serta  menyimpulkan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
Menyusun rancangan, melaksanakan percobaan, mendiskusikan hasil percobaan serta menyusun laporan perihal pertumbuhan dan perkembangan  makhluk hidup
Mempresentasikan/menuliskan dalam log-book/buku kerja kesimpulan hasil kajian dan diskusi perihal konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup

*--------------

Demikianlah tadi beberapa cuplikan (sebagian) isi dari file Silabus Biologi SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru tahun pemikiran 2018/2019 ketika ini. Untuk melihat file lengkap dan isi lengkap dari silabusnya, silahkan saja pribadi download pada link download yang sudah kami sediakan di bawah ini:

Link Download: 

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel