INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Silabus Bahasa Indonesia Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019

Silabus Bahasa Indonesia SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019. Hay sobat semua, artikel Silabus Bahasa Indonesia SD/MI Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru Tahun anutan 2018/2019 ini berisi ihwal klarifikasi mengenai isi dari silabus yang telah diterbitkan oleh Kemendikbud RI yang telah disalurkan kepada seluruh guru-guru yang mengajar di Indonesia, namun pendistribusian silabus ini tidak eksklusif diberikan kepada para guru, namun akan dibahas pada tutor K13 yang telah ditunjuk, Maka dari itu kami disini akan membagikan file Silabus Bahasa indonesia SD/MI pada kurikulum terbaru yaitu K13.


 ini berisi ihwal klarifikasi mengenai isi dari  Silabus Bahasa Indonesia SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019

Pada artikel ini juga akan kami berikan cuplikan isi serta citra umum mengenai isi dari Silabus yang akan dipakai pada Semester 1 dan Semester 2 Tahun anutan 2018/2019 ini. Makara sebelum anda mendownload, anda juga sanggup melihat beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar pada setiap materi yang akan diberikan kepada anak didik pada kelas 1,2,3,4,5 dan 6 SD/MI.











Berikut ini yaitu citra umum dan cuplikan isi dari Silabus tersebut;

SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)

I. PENDAHULUAN
Mata pelajaran Bahasa Indonesia dimaksudkan untuk membina dan berbagi kepercayaan diri penerima didik sebagai komunikator, pemikir imajinatif, dan warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi.Pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan membina dan berbagi pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi yang diharapkan penerima didik dalam menempuh pendidikan dan di dunia kerja serta lingkungan sosial.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru.
Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan  pendidikan penerima didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk berbagi dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulankeunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas.
Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup berbagi aneka macam model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melakukan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metodedan model pembelajaran, yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik.
Pembelajaran di SD/MI dari kelas I hingga dengan kelas VI dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik Terpadu telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai pola dalam melakukan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun pembelajaran tematik terpadu sanggup memakai Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD/MI

Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah;
Kelas Rendah( I – III)
1. Menggunakan bahasa secara efektif sesuai dengan sopan santun yang berlaku, baik secara mulut maupun tulis
2. Menghargai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan sempurna untuk aneka macam tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus akal pekerti
6. Menghargai sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual insan Indonesia.

Kelas Tinggi (IV – VI)
1. Menggunakan bahasa secara efektif dan efisien sesuai dengan sopan santun yang berlaku, baik secara mulut maupun tulis
2. Menghargai dan gembira memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan sempurna dan kreatif untuk aneka macam tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus akal pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual insan Indonesia.

Kerangka pengembangan kurikulum Bahasa Indonesia SD/MI Kelas I hingga dengan VI mengikuti struktur pengorganisasian Kompetensi Inti sebagai berikut ini.

Kelas I Kelas II Kelas III
KI 1: Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya
KI 1: Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
KI 1: Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
KI 2: Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 2: Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 2: Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3: Memahami pengetahuan, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Kelas IV Kelas V Kelas VI
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya
KI 2: Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 2: Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 2: Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di daerah bermain
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan daerah bermain
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di daerah bermain

Ruang Lingkup Materi Bahasa Indonesia untuk SD/MI:
Kelas I
1. Membaca dan menulis permulaan
2. Lambang suara vokal dan konsonan
3. Kosakata anggota badan dan panca indra
4. Kosakata kesehatan
5. Kosakata aneka macam jenis benda
6. Kosakata kejadian siang dan malam
7. Ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk
8. Kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di daerah tinggal
9. Kosakata kekerabatan kekeluargaan
10. Puisi anak/syair lagu

Kelas II
1. Ungkapan, ajakan, perintah, dan penolakan
2. Kosakata dan konsep keanekaragaman benda
3. Kosakata dan konsep lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
4. Kosakata dan konsep lingkungan sehat dan tidak sehat
5. Puisi anak
6. Budaya santun (permintaan maaf/tolong) sebagai citra sikap hidup rukun
7. Tulisan tegak bersambung dan aksara kapital serta tanda titik
8. Dongeng binatang (fabel)
9. Kata sapaan
10. Huruf kapital dan tanda titik

Kelas III
1. Informasi ihwal perubahan wujud benda
2. Informasi ihwal sumber dan bentuk energi
3. Informasi ihwal perubahan cuaca
4. Kosakata dan konsep ciri-ciri kebutuhan, pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup
5. Informasi ihwal caracara perawatan tumbuhan dan hewan
6. Informasi ihwal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
7. Informasi ihwal konsep delapan arah mata angin
8. Dongeng
9. Lambang/simbol (rambu kemudian lintas, pramuka, dan lambang negara
10. Ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah

Kelas IV
1. Gagasan pokok dan gagasan pendukung
2. Keterhubungan antargagasan
3. Informasi dari tokoh melalui wawancara
4. Teks petunjuk
5. Pendapat pribadi ihwal isi buku sastra
6. Amanat puis
7. Pengetahuan gres pada teks nonfiksi
8. Membandingkan hal yang sudah
diketahui dengan hal yang belum diketahui dari teks nonfiksi
9. Tokoh-tokoh pada teks fiksi
10. Watak tokoh pada teks fiksi

Kelas V
1. Pokok pikiran
2. Informasi dari unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana
3. Teks klarifikasi (eksplanasi)
4. Informasi dari iklan
5. Informasi dari teks narasi sejarah
6. Isi dan amanat pantun
7. Konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi
8. Teks surat

Kelas VI
1. Teks laporan hasil pengamatan
2. Teks klarifikasi (eksplanasi)
3. Teks pidato
4. Informasi dari buku sejarah yang mengandung unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana
5. Karakteristik teks puisi dan prosa
6. Petunjuk dan isi teks formulir
7. Perkiraan informasi dan informasi dari isi teks nonfiksi
8. Tuturan, tokoh dan tindakan tokoh, tokoh dan pengalaman pribadi, serta tuturan penulis pada teks fiksi

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas I
Alokasi Waktu: 8 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam berbagi karakter penerima didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
3.1 Memahami kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk masuk akal dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, menentukan daerah dengan cahaya yang terang) dengan cara yang benar
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk masuk akal dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, menentukan daerah dengan cahaya yang terang) dengan benar

Materi Pembelajaran
Persiapan membaca permulaan (sikap duduk, jarak mata dengan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku)

Kegiatan Pembelajaran
 Mengamati kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk masuk akal dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, menentukan daerah dengan cahaya yang terang) sesuai yang disajikan guru
 Memeragakan kegiatan persiapan membaca permulaan dengan cara yang benarsesuai dengan yang dicontohkan oleh guru (duduk masuk akal dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, menentukan daerah dengan cahaya yang terang)
 Melakukan kegiatan persiapan membaca permulaan yang benar menurut pengalaman penerima didik untuk menguatkan penyesuaian yang benar

Kelas II
Alokasi Waktu: 9 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam berbagi karakter penerima didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
3.1 Memahami ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks dongeng atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam dongeng atau lagu bawah umur dengan bahasa yang santun

Materi Pembelajaran
Ungkapan ajakan, perintah, penolakan

Kegiatan Pembelajaran
 Mengidentifikasi ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks dongeng atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
 Mengucapkan kembali ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam dongeng atau lagu bawah umur dengan bahasa yang santun sesuai yang dicontohkan guru
 Membuat kalimat berisi ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dengan bahasa yang santun

Kelas III
Alokasi Waktu: 10 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam berbagi karakter penerima didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Menggali informasi ihwal konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, dan visual (gambar, film)
4.1 Menyajikan hasil informasi ihwal konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual memakai kosa kata baku dan kalimat efektif

Materi Pembelajaran
 Teks laporan hasil observasi
 Perubahan wujud benda

Kegiatan Pembelajaran
 Mencari dan menemukan informasi penting ihwal konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, dan visual (gambar, film)
 Menyampaikan hasil temuan menurut informasi ihwal konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan seharihari secara lisan, tulis, dan visual (gambar, film) dengan memakai kosa kata baku dan kalimat efektif.

Kelas IV
Alokasi Waktu: 7 jam pelajaran/minggu
selengkapnya bisa download filenya langsung

Kelas V
Alokasi Waktu: 7 jam pelajaran/minggu
selengkapnya bisa download filenya langsung
Download Juga: Kumpulan Silabus SD/MI K13 Revisi Terbaru 2018/2019
Kelas VI
Alokasi Waktu: 7 jam pelajaran/minggu
selengkapnya bisa download filenya langsung

Link Download:

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel