INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Silabus Seni Budaya Dan Prakarya Sd/Mi K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Silabus Seni Budaya dan Prakarya SD/MI Revisi Terbaru 2018/2019. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membagikan file Silabus Seni Budaya dan Prakarya jenjang SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang dipakai pada tahun pedoman 2018/2019. Silabus ini telah diterbitkan pribadi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tujuan dari silabus ini supaya materi yang diajarkan untuk materi pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada anak SD (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) mempunyai kesamaan di seluruh Sekolah di INdonesia.

Pada artikel ini Anda sanggup mendownload Silabus mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terabaru di tahun pedoman 2017/2018 dengan gratis. Namun, anda juga sanggup melihat sedikit cuplikan isi dari silabus serta citra umum mengenai silabus yang sanggup anda download pada link download yang sudah tersedia.

 Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membagikan file Silabus Seni Budaya dan Pra Silabus Seni Budaya dan Prakarya SD/MI K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Berikut ini merupakan citra umum dan cuplikan dari isi silabus dari Kemendikbud tersebut.

SILABUS MATAPELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
(SD/MI)

I. PENDAHULUAN
Di SD pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya bersifat rekreatif memberi pengalaman estetik melalui eksperimentasi, keberanian mengutarakan pendapat serta sanggup dilaksanakan secara terpadu maupun single subject (mata pelajaran tunggal). Terpadu dalam bentuk mencipta karya seni yang dikaitkan dengan pengetahuan lain dan rasionalisasi penciptaannya, di dalamnya memuat sikap (perilaku, apresiatif, toleransi dan bertanggungjawab penuh), keterampilan (bersifat pragmatis, aplicable [dapat diterapkan] dan teknologis-sistemis), pengetahuan (kemampuan merekronstruksi dan mengungkapkan kembali ilham dan gagasan secara sistematis).

Silabus mata pelajaran seni budaya dan prakarya SD/MI disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memperlihatkan kesempatan kepada guru untuk menyebarkan dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melakukan silabus ini guru dibutuhkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik.

Pembelajaran di SD/MI dari Kelas I hingga dengan Kelas VI dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik Terpadu SD/MI telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai contoh dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, sanggup memakai dokumen Silabus Mata Pelajaran seni budaya dan prakarya ini dan silabus Mata Pelajaran lainnya di SD sebagai acuan.

C. Kompetensi Setelah Mempelajari Seni Budaya di Sekolah Dasar/Madrasyah Ibtidaiyah
Kelas I-III
Memiliki kemampuan dalam berpikir, bertindak, dan berkarya seni melalui kegiatan apresiasi dan kreasi berupa dinamika gerak, karya dekoratif, menampilkan pola irama dan menciptakan karya dari materi alam yang sistematis dan logis serta mencerminkan anak sehat, dengan memperlihatkan sikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga

Kelas IV-VI

Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual dalam berkarya seni estetis melalui kegiatan apresiasi dan kreasi berupa gambar dongeng dan reklame, interval nada, tari kreasi daerah, menciptakan kolase, topeng dan patung dengan memperhatikan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air

Kerangka Pengembangan silabus Seni Budaya mengikuti elemen pengorganisasian Kompetensi Dasar menurut Kompetensi Inti pada kelas I sd VI yaitu:

Kompetensi Inti pada kelas I s.d III
Kelas I
KI 1. Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Kelas II
KI 1. Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Kelas III

KI 1. Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

Kompetensi Inti pada kelas IV s.d VI
Kelas IV
KI 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

Kelas V
KI 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air

Kelas VI
KI 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya
KI 2. Menunjukkan sikap jujur, dispilin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Kelas I
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan abjad penerima didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi

Materi Pembelajaran
• Gambar ekspresi (melukis)
• Membentuk ekspresi tiga dimensi
• Pembuatan gambar ekspresi
• Pembuatan karya bentuk ekspresi tiga dimensi

Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati banyak sekali bentuk gambar ekspresi melalui gambar, media cetak, elektronik, festival
• Mengamati banyak sekali karya bentuk ekspresi tiga demensi melalui karya, media cetak, elektronik atau kegiatan festival langsung
• Mengumpulkan informasi ihwal bahan,dan alat yang akan dipakai dalam pembuatan gambar ekspresi dan membentuk tiga demensi
• Menyiapkan materi dan alat yang akan dipakai dalam proses pembuatan gambar ekspresi dan membentuk tiga demensi
• Membuat karya gambar ekspresi dengan banyak sekali materi dan teknik.
• Membuat karya bentuk ekspresi tiga dimensi dengan banyak sekali materi dan teknik.
• Menyajikan gambar ekspresi dan bentuk karya ekspresi tiga demensi hasil buatan sendiri.
• Mempresentasikan secara verbal atau goresan pena ihwal gambar ekspresi dan bentuk ekspresi tiga demensi

B. Kelas II
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1. Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.1. Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi

Materi Pembelajaran
• Gambar imajinatif
• Bentuk imajinatif tiga dimensi
• Pembuatan gambar imajinatif
• Pembuatan bentuk imajinatif tiga dimensi

Kegiatan Pembelajaran
• Mencermati gambar imajinatif dan bentuk imajinatif tiga dimensi
• Mengumpulkan informasi ihwal bahan, alat, teknik dan atau langkah-langkah dalam menciptakan gambar imajinatif dan membentuk tiga demensi
• Memilih dan menyiapkan bahan, alat sesuai teknik yang akan di gunakan dalam menggambar imajinatif dan membentuk imajinatif tiga demensi
• Bereksperimen menciptakan gambar imajinatif dan membentuk imajinantif tiga demensi dengan materi bahan, alat, dan teknik yang ditentukan
• Menyajikan karya imajinatif dua dan tiga dimensi hasil buatan sendiri
• Mempresentasikan secara verbal atau goresan pena ihwal karya imajinatif dua dan tiga dimensi yang dibuat.

C. Kelas III
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
4.1 Membuat karya dekoratif
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
4.3 Meragakan dinamika gerak tari
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung

Materi Pembelajaran
• Unsur unsur gambar dekoratif (motif, pola, ornamen)
• Pembuatan karya dekoratif dengan banyak sekali materi dan teknik

Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati banyak sekali karya dekoratif, bahan, alat yang dipakai dalam menciptakan gambar dekorasi melalui media cetak/elektronik , festival dan banyak sekali sumber.
• Mengumpulkan informasi melalui kegiatan wawancara dan selanjutnya menentukan jenis karya, bahan, media, alat dan teknik yang akan dipakai dalam proses gambar dekorasi.
• Membandingkan banyak sekali karya gambar dekoratif/ornamen mengenai motif, pola, bahan, media, jenis, dan teknik.
• Bereksperimen dalam pembuatan gambar dekoratif dengan banyak sekali media an teknik.
• Menyajikan gambar dekoratif hasil buatan sendiri dan mempresentasikannya dalam bentuk tulis dan lisan.

D. Kelas IV

Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi

Materi
Pembelajaran
• Gambar bentuk
• Membentuk tiga dimensi menurut objek
• Pembuatan gambar menurut objek
• Pembuatan bentuk tiga dimensi menurut objek


Kegiatan Pembelajaran
• Mencermati gambar melalui kegiatan melihat karya, membaca buku ihwal konsep, prinsip, dan mekanisme menggambar.
• Mencermati bentuk tiga dimensi melalui kegiatan melihat karya, membaca buku ihwal konsep, prinsip, dan mekanisme membentuk tiga dimensi.
• Menggali informasi melalui kegiatan menanyakan tujuan, konsep, prinsip, unsur, dan mekanisme menggambar bentuk dan menciptakan bentuk tiga dimensi menurut objek
• Mengeksplorasi melalui kegiatan pencarian informasi untuk menggambar menurut objek.
• Membuat bentuk tiga dimensi menurut objek yang ada di lingkungan sekitar
• Mempresentasikan hasil karya gambar dan bentuk tiga dimensi secara verbal dan tertulis.

E. Kelas V
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami gambar cerita
4.1 Membuat gambar cerita

Materi
Pembelajaran
• Gambar gambaran (komik, karikatur, kartun)
• Pembuatan gambar gambaran (komik, karikatur, kartun)

Kegiatan Pembelajaran
• Mencermati gambar dongeng melalui kegiatan membaca dan mengamati gambar ilustrasi, komik, karikatur dan kartun
• Menggali informasi melalui kegiatan membaca, bertanya ihwal tujuan, konsep, prinsip, mekanisme gambar cerita.
• Mengeksplorasi melalui kegiatan membandingkan,menghubungkan,dan menerapkan nilai estetis dengan proporsi, komposi, dan bentuk pada gambar cerita.
• Menggambar dongeng komik, karikatur, kartun menurut idenya sendiri.
• Mempresentasikanhasil karya gambar dongeng dalam bentuk tulisan, lisan, dan festival kelas.
Download Juga: Kumpulan Silabus SD/MI K13 Revisi Terbaru 2018/2019

*keterangan:

itulah tadi beberapa contoh cuplikan dari isi silabus yang sanggup kami tampilkan. Untuk lebih jelasnya silahkan saja pribadi di download Silabus Seni Budaya dan Prakarya SD/MI kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019 pada link download yang sudah tersedia di bawah ini:

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel